Target Pendapatan Minus Rp 7 Miliar, PDAM Badung Sebut Terpengaruh Hunian Kamar Hotel

Pertengahan tahun 2019 ini target Pendapatan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mangutama Kabupaten Badung meleset dari target

Target Pendapatan Minus Rp 7 Miliar, PDAM Badung Sebut Terpengaruh Hunian Kamar Hotel
surya
Ilustrasi air PDAM - Target Pendapatan Minus Rp 7 Miliar, PDAM Badung Sebut Terpengaruh Hunian Kamar Hotel 

Target Pendapatan Minus Rp 7 Miliar, PDAM Badung Sebut Terpengaruh Hunian Kamar Hotel

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Pertengahan tahun 2019 ini target Pendapatan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mangutama Kabupaten Badung meleset dari target.

Seharusnya target perusahaan air minum Rp 131 miliar lebih, namun saat ini baru mencapai Rp 124 miliar atau masih minus Rp 7 miliar dari target awal. 

Direktur Umum PDAM Tirta Mangutama, Ida Ayu Eka Dewi Wijaya tak menampik atas kondisi tersebut.

Dia membenarkan bahwa hunian kamar akomodasi pariwisata di Badung selatan mengalami penurunan. Kondisi ini kata dia berpengaruh dengan penggunaan air PDAM.

"Okupansi yang harusnya di atas 80 persen, sekarang tidak begitu banyak. Hal ini jelas karena turunnya hunian kamar pada akomodasi di Badung selatan," ujarnya. 

Turunnya jumlah hunian pariwisata, kata dia juga berkaitan dengan suhu politik pileg dan pilpres April 2019 lalu. Bahkan hunian itu itu menurun mencapai 45 persen. 

"Ini sangat berpengaruh kepada jumlah hunian kamar. Hampir 45 persen pelanggan kami di Badung selatan mengeluhkan hunian kamar. Sehingga pendapatan satu semester ini belum sesuai Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) yang ada," katanya.

Sesuai data yang ia miliki, PDAM Tirta Mangutama memasang target pendapatan Rp 263 miliar lebih pada tahun 2019 ini.

Untuk pertengahan tahunnya, pendapatan tersebut ditarget mencapai Rp 131 miliar lebih. Sementara realisasinya baru mencapai Rp 124 miliar lebih.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved