Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2020, KPU Badung Buka Kotak Suara Tingkat Kecamatan

Dalam Pilkada di Kabupaten Badung yang akan berlangsung tahun 2020 mendatang, kini segala persiapan telah dilakukan KPU

Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2020, KPU Badung Buka Kotak Suara Tingkat Kecamatan
Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Ketua KPU Badung Wayan Semara Cipta saat membuka surat suara dan menandatangani berita acara terkait pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Badung, Jumat (26/7/2019). Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2020, KPU Badung Buka Kotak Suara Tingkat Kecamatan 

Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2020, KPU Badung Buka Kotak Suara Tingkat Kecamatan

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Badung yang akan berlangsung pada tahun 2020 mendatang, kini segala persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Seperti halnya, Jumat (26/7/2019) kemarin, KPU Kabupaten Badung membuka kotak suara Pemilu 2019 di Gudang Logistik KPU Badung, Jalan Kebo Iwa Nomor 38, Padangsambian Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar.

Hal itu dilakukan untuk pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan mengambil formulir model A yakni Daftar Pemilih Kusus (DPK).

"Ini merupakan awal dalam penyusunan daftar pemilih berkelanjutan untuk Pilkada 2020, sesuai surat KPU RI nomor 942," ujar Ketua KPU Wayan Semara Cipta kemarin.

Pembukaan kotak suara yang disaksikan oleh Bawaslu, kepolisian, pemerintah daerah maupun para undangan itu dikatakan untuk memperoleh data-data, yang dipersiapkan dalam rangka penyusunan daftar pemilih untuk Pilkada bagi kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada pada 2020 mendatang.

"Jadi semua data-data itu akan digunakan bahan awal data pemilih pelaksanaan Pilkada," tambahnya.

Menurutnya, data yang dipilih adalah data pemilih kusus, yakni pemilih-pemilih yang pada waktu Pemilu 2019 itu memilih dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Jadi intinya kita melihat data pemilih-pemilih yang tercecer pada waktu Pemilu 2019. Jadi nanti setelah kita data mereka akan menjadi pemilih DPT pada Pilkada mendatang," tegasnya.

Pria yang akrab disapa Kayun itu juga mengatakan, data tersebut selanjutnya akan dilaporkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung untuk dilakukan pengecekan data ulang. Maka dari itu akan terlihat hak suaranya pada Pilkada nanti.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved