Penerapan 32 Slot Time di Bandara I Gusti Ngurah Rai Akan Mulai Diterapkan Bulan Oktober

Hasil rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi kemarin disepakati slot time ditambah menjadi 32 per jam.

Penerapan 32 Slot Time di Bandara I Gusti Ngurah Rai Akan Mulai Diterapkan Bulan Oktober
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana runway Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali beberapa waktu lalu terlihat dari Tower ATC AirNav Indonesia Cabang Denpasar. 

Penerapan 32 Slot Time di Bandara I Gusti Ngurah Rai Akan Mulai Diterapkan Bulan Oktober

TRIBUN-BALI.BALI.COM, BADUNG - Proporsional maskapai di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali saat ini terdapat 34 maskapai asing dengan 47 rute penerbangan.

Untuk penerbangan domestik sendiri saat ini ada 8 maskapai domestik dengan 22 rute penerbangan.

Dengan eksisting alokasi ketersediaan waktu terbang (slot time) saat ini 30 slot per jam yakni 29 reguler flight dan irreguler flight 1.

Hasil rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi kemarin disepakati slot time ditambah menjadi 32 per jam.

“Kemarin disepekati eksisting slot time dari 30 ditingkatkan menjadi 32. Dengan rincian 31 penerbangan reguler dan 1 penerbangan ireguler. Dan ini akan mulai diaplikasikan bulan Oktober,” jelas Communication and Legal Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Arie Ahsanurrohim, Sabtu (27/7/2019).

Flash Mob Euforia Summer Holiday, Curi Perhatian Penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Mahasiswi Asal NTT Diamankan, Diduga Pembuang Bayi di Sudirman, Si Laki Belum Jelas Keberadaanya

Bercak Darah di Kosan dan Kisah Asmara Mahasiswi NTT yang Berakhir Pembunuhan Bayi Tak Berdosa

Maskapai yang akan mengisi dua slot time itu yakni AirAsia rute Kuala Lumpur-Denpasar dan Etihad.

Untuk AirAsia rute tersebut, hanya menambah frekuensi penerbangannya saja karena load factor dari Kuala Lumpur cukup tinggi.

Peningkatan slot time dari 30 menjadi 32 ini akan dimulai pada 27 Oktober 2019 hingga 23 Maret 2020 pada winnter season.

Arie mengaku sepanjang slot time masih tersedia di luar peak hour maskapai bisa dipenuhi tetapi jika permohonan slot time itu di peak hour pihaknya tidak dapat memenuhinya.

“Kalau berbicara slot kita siap-siap saja tetapi saat airline request di peak hour kita agak susah memenuhinya. Kecuali kalau mereka (maskapai) mau diluar peak hour,” imbuhnya. (*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved