Latihan Taktik dan Strategi, Persiapan Tim Gateball Bali Menghadapi Pra PON 2019

Gateball Bali sudah mempersiapkan atlet terbaiknya untuk mengikuti Kejurnas Gateball 2019 sekaligus Pra PON 2019

Latihan Taktik dan Strategi, Persiapan Tim Gateball Bali Menghadapi Pra PON 2019
Dok I Gusti Ngurah Arsana
Tim bayangan Gateball Bali untuk Pra PON 2019. Latihan Taktik dan Strategi, Persiapan Tim Gateball Bali Menghadapi Pra PON 2019 

Latihan Taktik dan Strategi, Persiapan Tim Gateball Bali Menghadapi Pra PON 2019

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gateball Bali sudah mempersiapkan atlet terbaiknya untuk mengikuti Kejurnas Gateball 2019 sekaligus Pra PON 2019 cabang olahraga Gateball, yang akan berlangsung di Samosir, Sumatra Utara, akhir Oktober 2019 mendatang.

Pelatih Gateball Bali, I Gusti Ngurah Arsana mengatakan saat ini tim bayangan telah terbentuk, dan dihuni sekitar 30 atlet Gateball dari berbagai kabupaten/kota di Bali, seperti Badung, Klungkung, Denpasar maupun Jembrana.

Rencananya pada pertengahan Agustus 2019 nanti akan dipilih sebanyak 24 atlet untuk masuk dalam tim definitif.

"Sekarang yang ada dalam tim sekitar 30-an atlet. Saat ini kami sudah mengarah kepada pembentukan tim definitif yang pada pertengahan Agustus sudah terbentuk. Kami rencananya akan mengirim total 24 atlet yang terdiri dari, kalau gak salah 10 perempuan dan 14 laki-laki," ucapnya saat dihubungi Tribun Bali, Minggu (28/7/2019).

Saat ini latihan masih tahap mengasah taktik dan strategi yang dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu di Denpasar.

"Saat ini latihan masih mengasah tentang taktik dan strategi, serta akurasi pukulan dan pemahaman karakter antar pemain. Pemahaman karakter maksudnya, antar pemain harus dan wajib tahu kelebihan dan kekurangan dari kawan satu tim yang diajak. Kami latihan Kamis sama Minggu," jelasnya.

Selain melakukan latihan tersebut, para atlet juga dilatih atau diasah mental bertandingnya agar siap menghadapi pertandingan nanti.

"Anak-anak ini memang sudah kami siapkan supaya mental bertandingnya lebih siap, dan mereka memang sudah berpengalaman untuk mengikuti pertandingan keluar, sekarang tinggal mengasah saja, mengubah karakter mereka supaya mengetahui kelemahan dan kelebihan dari setiap pemain itu sendiri, jadi nanti ketika berpasangan dengan siapapun, mereka siap," ujarnya.

Setelah Porprov Bali 2019 berakhir, rencananya latihan akan ditambah dan para atlet akan menjalani latihan 3-4 kali seminggu.

Arsana berujar pada Pra Pon dan Kejurnas nanti tim Gateball Bali akan mengikuti semua nomor yang dipertandingkan, dan ia menargetkan atlet Gateball Bali lolos PON 2020.

"Di Kejurnas itu ada 11 nomor yang dipertandingkan dan 5 di antaranya merupakan nomor yang dipertandingkan di Pra PON yaitu ganda campuran, triple campuran, beregu campuran, triple putra sama beregu putra. Sasaran kami yang utama adalah  Pra PON, supaya Tim Bali ini masuk ke PON. Targetnya masuk semifinal Pra PON itu supaya target masuk PON tercapai, bahkan cita-cita sih ada yang juara," harapnya.

(*)

Penulis: Putu Dewi Adi Damayanthi
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved