Tamu Redaksi Tribun Bali

Kunjungi Tribun Bali, MHTC Ungkap 900 Ribu Masyarakat Indonesia Berobat ke Malaysia

Perwakilan Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) mengunjungi Kantor Tribun Bali

Kunjungi Tribun Bali, MHTC Ungkap 900 Ribu Masyarakat Indonesia Berobat ke Malaysia
Tribun Bali/Anita Putri Agustini
Perwakilan Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), Farah Delah Suhami, Director – Marketing Indonesia Industry Facilitation (dau dari kiri) dan  Renata Devita, Executive, Marketing – Indonesia (paling kanan)  mengunjungi Kantor Tribun Bali di Jalan By Pass Ida Bagus Mantra No 88, Ketewel, Gianyar, Bali (29//7/2019). Kunjungi Tribun Bali, MHTC Ungkap 900 Ribu Masyarakat Indonesia Berobat ke Malaysia  

Kunjungi Tribun Bali, MHTC Ungkap 900 Ribu Masyarakat Indonesia Berobat ke Malaysia

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Perwakilan Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) mengunjungi Kantor Tribun Bali di Jalan By Pass Ida Bagus Mantra No 88, Ketewel, Gianyar, Bali, Senin (29//7/2019).

MHTC merupakan organisasi yang didirikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia, saat ini MHTC berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Malaysia, sebagai fasilitator bagi pasien-pasien yang ingin berobat di Malaysia.

“MHTC mewakili 73 rumah sakit di Malaysia, sebagai pusat informasi bagi masyarakat Indonesia yang ingin berobat ke Malaysia. Selama ini, wisatawan Indonesia merupakan yang paling banyak menggunakan pelayanan kesehatan di Malaysia. Terutama yang berasal dari Jakarta, Surabaya, dan Medan. Keseluruhan mencapai 900.000 orang tahun lalu,” papar Farah Delah Suhami, Director – Marketing Indonesia Industry Facilitation.

Farah menambahkan, kunjungan wisatawan dari Indonesia yang berobat ke Malaysia mengalami peningkatan sekitar 14 persen per tahun.

“Selama ini orang Indonesia banyak yang berobat ke Penang, Melaka, padahal ada daerah lain di Malaysia yang juga memiliki rumah sakit yang kualitasnya juga bagus, seperti di Kuala Lumpur. Kami ingin memberikan informasi bagi yang ingin berobat di Malaysia, rumah sakit yang sesuai dengan keluhan kesehatan yang dialami,” jelas Farah.

MHTC yang memiliki kantor perwakilan di Jakarta yang melayani konsultasi gratis.

“Kami melayani konsultasi gratis sehingga pasien mendapatkan informasi yang sesuai sebelum hendak ke Malaysia,” tambah Farah.

Termasuk membantu koordinasi penjemputan dari bandara ke hotel atau ke rumah sakit.

Sementara itu, Renata Devita, Executive, Marketing – Indonesia mengatakan, selain fasilitas yang lengkap, biaya berobat di rumah sakit di Malaysia juga terjangkau, sehingga menjadi pilihan banyak wisatawan Indonesia untuk berobat ke Malaysia.

“Kunjungan wisatawan Indonesia yang berobat ke Malaysia meningkat karena fasilitas yang lengkap dan biaya yang terjangkau dibandingkan berobat ke Eropa. Biasanya sambil liburan ke Malaysia, wisatawan juga mengagendakan check up kesehatan sebelum melanjutkan jalan-jalan,” paparnya.

Menurutnya, selama ini kabanyakan orang Indonesia melakukan medical check up, selain perawatan kesehatan jantung dan mengikuti program bayi tabung.

“Banyak yang saat ini melakukan program bayi tabung di Malaysia. Biayanya terjangkau. Selama ini tingkat keberhasilan bayi tabung 50 persen – 75 persen,” jelasnya.

Hingga saat ini, tidak hanya di Indonesia, MHTC juga memiliki perwakilan di beberapa negara seperti China, Myanmar, dan Vietnam. (*)

Penulis: Ida A M Sadnyari
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved