Menteri Eko Minta Optimalkan Dana Desa untuk Kembangkan Desa Wisata

Menteri Pemberdayaan Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengunjungi Desa Wisata Penglipuran, Sabtu (27/7/2019)

Menteri Eko Minta Optimalkan Dana Desa untuk Kembangkan Desa Wisata
Tribun Bali/Rizal Fanany
Menteri Pemberdayaan Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo bersama delegasi Armenia kunjungan kerja di Desa Wisata Penglipuran, Kintamani, Sabtu (28/7/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Menteri Pemberdayaan Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengunjungi Desa Wisata Penglipuran, Sabtu (27/7/2019).

Kehadiran pria 54 tahun itu mengajak istri serta empat delegasi dari negara Armenia.

Di sela kunjungannya, Menteri Eko berbicara mengenai desa wisata.

Ia menilai, jika Dana Desa (DD) dikelola dalam bidang pariwisata khususnya untuk menjadikan desa sebagai desa wisata, tentunya bisa memberikan pendapatan bagi desa itu sendiri.

“Pengalaman selama empat tahun ini, desa-desa wisata mampu memberikan pendapatan yang cukup baik bagi desa. Sekarang sudah cukup banyak desa wisata yang dana desanya digunakan untuk membuat desa wisata dan pendapatannya dikelola oleh Bumdes. Bahkan pendapatan mereka lebih besar daripada dana desa yang diterima,” ucapnya.

Desa Penglipuran, kata Eko, termasuk ikon dunia dengan penghargaan yang diterima sebagai satu di antara desa terbersih di dunia.

Sebab itu pihaknya ingin melihat, apakah Penglipuran bisa menjadi percontohan bagi desa-desa wisata lain di seluruh Indonesia.

Termasuk bagaimana mengelola desa yang bersih hingga bisa mendatangkan wisatawan.

Eko juga ingin menunjukkan bahwa Indonesia merupakan destinasi wisata yang baik pada delegasi Armenia yang turut ia bawa.

“Harapan kami agar DD ini tolong bisa digunakan untuk desa wisata. Tujuannya agar desa tidak tergantung 100 persen dari DD untuk mengelola desanya, namun desa juga memiliki pendapatan sendiri, serta lebih mandiri. Selain itu kami juga berharap, dengan pengalaman delegasi Armenia di Penglipuran, mereka bisa membagikan cerita pada teman-teman di negaranya agar bisa berkunjung ke Indonesia,” harapnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved