Tiga RS Terancam Turun Kelas, Dinkes Bali Ajukan Surat Keberatan

Sebanyak tiga rumah sakit di Bali terancam turun kelas. Hal ini menyusul adanya surat rekomendasi penyesuaian kelas sejumlah rumah sakit di Indonesia

Tiga RS Terancam Turun Kelas, Dinkes Bali Ajukan Surat Keberatan
manado.tribunnews.com
Ilustrasi dokter - Tiga RS Terancam Turun Kelas, Dinkes Bali Ajukan Surat Keberatan 

Tiga RS Terancam Turun Kelas, Dinkes Bali Ajukan Surat Keberatan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sebanyak tiga rumah sakit di Bali terancam turun kelas. Hal ini menyusul adanya surat rekomendasi penyesuaian kelas sejumlah rumah sakit di Indonesia dari Kementerian Kesehatan RI tertanggal 15 Juli 2019.

Dari sekian rumah sakit, tiga rumah sakit di Bali terancam direkomendasikan turun kelas. Adapun ketiga rumah sakit ini ialah RSU Prima Medika, RSU Balimed dan RSU Surya Husada Ubung. Ketiga RS yang semula kelas tipe C direkomendasikan untuk turun kelas D.

Selain itu, ada sejumlah rumah sakit lain di Bali direkomendasi untuk mempertahankan tipe kelasnya seperti RSU Kertayasa, RSU Bintang, RS Ibu dan Anak Puri Bunda, RS Ibu dan Anak Pucuk Permata Hati.

Sementara untuk RS Khusus lain seperti RS Mata Bali Mandara, RS Jiwa Provinsi Bali dan RS Ibu dan Anak Jimbaran direkomendasi untuk melakukan pelayanan umum (selain pelayanan khususnya) sesuai dengan kemampuan.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kadek Iwan Darmawan mengatakan pihaknya bersama rumah sakit sedang mengajukan upaya keberatan atas rekomendasi Kemenkes tersebut.

Pasalnya, menurut Iwan, ketiga rumah sakit ini sebenarnya diklaim sudah memenuhi standar sesuai tipe rumah sakit selama ini, mulai dari SDM hingga kesiapan aplikasi Aspak (aplikasi sarana dan prasarana alat kesehatan).

''Sebenarnya sudah memenuhi syarat sesuai standar kelas C, tapi mungkin ada kesalahan teknis sehingga terjadi ketidaksesuaian data antara Kemenkes dan Rumah Sakit,'' terangnya dikonfirmasi Tribun Bali, Minggu (28/7/2019).

Final Piala Indonesia PSM Makassar VS Persija Digelar 6 Agustus, Teco: Bali United Siap Hadapi PSM

Idul Adha 2019 : Cara Bikin Daging Kurban Cepat Empuk, Ini Langkahnya

''Sekarang kan dari pusat ada aplikasi baru. Nah pihak rumah sakit ini kadang-kadang enggak ngeh atau kurang update dan juga ada kendala pada server. Sudah dilapor, tapi ternyata data di pusat enggak kebaca,'' imbuhnya.

Halaman
123
Penulis: eurazmy
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved