Alasan Pihak Imigrasi Tak Bisa Cekal Buronan Asal Inggris, Masuk Bali Pakai Bebas Visa Kunjungan

Dan dari dokumen paspornya, Januari 2019 ini merupakan kali kedua Terry berkunjung ke Bali dimana sebelumnya di tahun 2018 lalu sempat ke Bali.

Alasan Pihak Imigrasi Tak Bisa Cekal Buronan Asal Inggris, Masuk Bali Pakai Bebas Visa Kunjungan
TRIBUN BALI/ZAENAL NUR ARIFIN
Terrence David Mueller (30) asal Inggris kini harus berurusan dengan Imigrasi Ngurah Rai dan Kepolisian Polresta Denpasar atas pelanggaran yang dilakukannya di Bali. Dari paspor Terrence atau Terry sapaan akrabnya di medsos ini, masuk ke Indonesia khususnya Bali pada 31 Januari 2019 menggunakan Bebas Visa Kunjungan yang berlaku 30 hari. 

Begini Alasan Pihak Imigrasi Tak Bisa Cekal Buronan Asal Inggris, Masuk Bali Pakai Bebas Visa Kunjungan

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Terrence David Mueller (30) asal Inggris kini harus berurusan dengan Imigrasi Ngurah Rai dan Kepolisian Polresta Denpasar atas pelanggaran yang dilakukannya di Bali.

Dari paspor Terrence atau Terry sapaan akrabnya di medsos ini, masuk ke Indonesia khususnya Bali pada 31 Januari 2019 menggunakan Bebas Visa Kunjungan yang berlaku 30 hari.

Ia diamankan petugas Imigrasi bersama Satreskrim Polresta Denpasar pada hari Minggu 28 Juli 2019 pukul 02.00 Wira dinihari di Kumpi Rooms Jalan Mertanadi, Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara.

SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Arema FC vs Persib Bandung Liga 1 2019

Live Streaming Arema FC vs Persib Bandung Liga 1 2019, Ini Starting XI Kedua Tim

Jelang Bali United vs PSM Makassar! Saling Balas, Ini Cuplikan 6 Gol dan Skuat di Liga 1 2018

Link Live Streaming Arema FC vs Persib Bandung Malam Ini, Coach Milo Akui Akan Kesulitan

“Sampai dengan tanggal 30 Juli 2019 diketahui ia telah overstay selama 151 hari. Berdasarkan Pasal 78 ayat (3) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, Terry telah melakukan pelanggaran Keimigrasian dan dapat dikenakan Tindakan Administratif Keimigrasian berupa deportasi dan penangkalan,” tegas Kepala Kantor Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Amran Aris, Selasa (30/7/2019).

Dan dari dokumen paspornya, Januari 2019 ini merupakan kali kedua Terry berkunjung ke Bali dimana sebelumnya di tahun 2018 lalu sempat ke Bali.

Mengenai statusnya Terry yang dari pemberitaan media di negaranya merupakan seorang buronan, kenapa bisa masuk ke Indonesia khususnya Bali?

Amran Aris menyampaikan, status WNA itu buron di negaranya tetapi tidak menginformasikannya ke Interpol atau semacamnya secara otomatis di Keimigrasian tidak dimasukkan dalam daftar tangkal atau pencekalan.

Sebaliknya jika WNA itu dilaporkan ke interpol dan menginformasikannya, tentu akan masuk ke dalam daftar cekal imigrasi.

Terry selama press rilis digelar di aula Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai hanya tertunduk lesu didampingi petugas Imigrasi, dan kedua lengannya terlihat penuh dengan tato.

Namun, tindakan administratif keimigrasian terhadap Terry akan dilakukan pihak Imigrasi Ngurah Rai setelah menjalani proses hukum di kepolisian karena diduga membuat dan menyebarluaskan konten pornografi yang diperankan dirinya sendiri itu di Bali.

Selain itu juga ditemukan steroid ilegal atau obat untuk mempercepat otot agar seperti atlet binaragawan serta alat hisap sabu (bong) dan jarum suntik.

Di Inggris Terry menjadi buronan karena terjerat kasus obat-obatan terlarang atau menjual steroid ilegal dan melarikan diri ke Bali tepat sebelum sidang berjalan. (*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Rizki Laelani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved