Pasukan Komando Operasi Khusus Diresmikan Panglima TNI: Ini Merupakan Prajurit-prajurit Pilihan

Pasukan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI kini diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Markas Besar TNI, Selasa (30/7/2019).

Pasukan Komando Operasi Khusus Diresmikan Panglima TNI: Ini Merupakan Prajurit-prajurit Pilihan
Tribun Bali/Rizal Fanany
(Ilustrasi) Ratusan personel TNI-POLRI saat mengikuti apel gelar pasukan Komando Gabungan Pengamanan VVIP Annual Meeting IMF-WORLD BANK di lapangan Renon, Denpasar, Senin (7/10/2018). Sebanyak 26 ribu pasukan gabungan TNI-POLRI disiagakan untuk mengamankan pertemuan tingkat dunia yang akan dihadiri 32 ribu peserta dan 18 kepala negara pada 8-14 Oktober nanti. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pasukan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI kini diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Markas Besar TNI, Selasa (30/7/2019). 

Untuk diketahui, Koopssus merupakan gabungan pasukan elit dari tiga matra TNI yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) yang memiliki kualifikasi khusus dengan tingkat keberhasilan tinggi.

Koopssus ditujukan untuk menghadapi segala ancaman yang memiliki tingkat eksalasi tinggi yang dapat membahayakan ideologi negara serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Dikutip dari laman Kompas.com, Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan Komando Operasi Khusus ( Koopssus) TNI

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim pada hari ini Selasa 30 juli 2019 pukul 08.15 WIB Komando Operasi Khusus saya nyatakan diresmikan,” kata Hadi dalam upacara peresmian Koopssus TNI.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan salam komando bersama Komandan Komando Operasi Khusus TNI Brigjen TNI Rochadi selepas peresmian Koopssus TNI di Mabes TNI, Selasa (30/7/2019).
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan salam komando bersama Komandan Komando Operasi Khusus TNI Brigjen TNI Rochadi selepas peresmian Koopssus TNI di Mabes TNI, Selasa (30/7/2019). (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Koopssus TNI beranggotakan sejumlah prajurit TNI yang sebelumnya tergabung dalam satuan elite di tiap matra TNI yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Hadi menuturkan, personil Koopssus mempunyai kualifikasi untuk melakukan berbagai operasi khusus baik di dalam maupun luar negeri yang menuntut kecepatan dan keberhasilan tinggi.

"Sebagai satuan elite, personil Koopssus TNI yang berasal dari pasukan khusus dari ketiga matra merupakan prajurit-prajurit pilihan," ujar Hadi.

Satuan tersebut dikomandoi oleh Brigjen TNI Rochadi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur A Badan Intelijen Strategis TNI.

Upacara peresmian tersebut dilanjutkan dengan pengambilan sumpah terhadap Rochadi sebagai Komandan Koopssus TNI dan penandatanganan pakta integritas.

Selain itu, upacara peresmian Koopssus TNI juga diwarnai oleh aksi terjun payung oleh para prajurit TNI.

Sejumlah pejabat tampak menghadiri upacara peresmian Koopssus TNI antara lain Ketua DPR Bambang Soesatyo, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, serta Kabarhakam Polri Komjen Condro Kirono yang mewakili Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Panglima TNI Resmikan Koopssus, Satuan Gabungan Pasukan Elite TNI" 
( Ardito Ramadhan )

Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved