Dua Pasar Belum Sumbang PAD ke Pemda Karangasem

Dua pasar tradisional di Karangasem belum memberikan penghasilan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Karangasem

Dua Pasar Belum Sumbang PAD ke Pemda Karangasem
Tribun Bali/Saiful Rohim
Kondisi Pasar Manggis, Desa/Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali, nampak tidak terlihat pedagang yang berjualan di sekitar Pasar Manggis. Dua Pasar Belum Sumbang PAD ke Pemda Karangasem 

Dua Pasar Belum Sumbang PAD ke Pemda Karangasem

TRIBUN-BALI.COM, KARANGASEM - Dua pasar tradisional di Karangasem belum memberikan penghasilan atau PAD ke Pemerintah Daerah (Pemda) Karangasem.

Yakni Pasar Yadnya khusus jual hasil pertanian di Desa Menanga, Kecamatan Rendang, dan Pasar Manggis, Desa Manggis, Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karangasem, I Gede Loka Santika menjelaskan, dua pasar tradisional belum memberi sumbangan ke pendapatan daerah karena belum ada pedagang. Padahal kondisi pasar layak untuk ditempati, dan tak ada kerusakan pada pasar.

"Pasar lama dibangun tapi jarang ada pedagang yang mau jualan di sini. Kalau pun ada itu hari tertentu. Seperti saat ada upacara, serta hari raya. Tapi jumlah pedagang tetap sedikit," ungkap Loka Santika, Kemarin (30/7/2019).

Ditambahkan, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk membangkitkan kedua pasar tapi tidak berhasil.

Seperti membuat hiburan malam, dan menggratiskan retribusi untuk sementara. Para pedagang tetap tak mau berjualan serta pembeli juga tetap tidak mau berkunjung ke sana.

"Sudah dari dulu kondisi pasar seperti ini. Sepi. Sedikit pedagang yang berjualan di lokasi. Taapi kita janji terus berupaya untuk membangkitkan, sehingga pedagang serta pembeli bisa berkunjung ke pasar," janjinya.

Dua pasar yang belum menberi pemasukan ke Pemda Karangasem dibangun di pinggir jalan raya.

Dana yang dihabiskan untuk pembangunan Pasar Manggis serta Pasar Yadnya mencapai milliaran. Untuk Pasar Yadnya sempat ditata dengan dana alokasi khusus (DAK) tapi tak memberi efek dan tetap sepi.

Halaman
12
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved