Koster Bakal Angkat Tenaga Kontrak, Beri Kesempatan Lulusan ISI Bina Kesenian di Tiap Desa Adat

Gubernur Bali Wayan Koster berencana mengangkat tenaga kontrak bidang seni budaya yang akan ditempatkan di setiap desa adat yang ada di Bali

Koster Bakal Angkat Tenaga Kontrak, Beri Kesempatan Lulusan ISI Bina Kesenian di Tiap Desa Adat
Dok. Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali
Gubernur Bali Wayan Koster berencana mengangkat tenaga kontrak bidang seni budaya yang akan ditempatkan di setiap desa adat yang ada di Bali 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster berencana  mengangkat tenaga kontrak bidang seni budaya yang akan ditempatkan di setiap desa adat yang ada di Bali.

Lulusan ISI nanti salah satunya akan dijadikan tenaga kontrak yang bertugas di desa adat, sesuai dengan asalnya masing-masing. Tugasnya adalah membina seni di desa adat.

“Setiap desa adat harus ada mahasiswa ISI supaya sekaa seninya ada yang melatih. Saya sudah merencanakan untuk mengangkat tenaga kontrak yang berbasis seni budaya untuk membina di desa adat,” kata Koster saat menghadiri acara Puncak Dies Natalis ISI Denpasar, di Gedung Natya Mandala ISI Denpasar, Rabu (31/7/2019).

Koster mengungkapkan penempatan tenaga kontrak di setiap desa adat sedang dirancang sambil menunggu selesainya Pergub tentang pelaksanaan desa adat, serta usulan pembentukan Dinas Pemajuan Desa Adat Provinsi Bali, yang saat ini masih dibahas di Kementerian Dalam Negeri RI.

“Setelah itu baru kemudian ditata. Kira-kira dua tahun lagi sudah bisa (dilakukan pengangkatan),” ujarnya.

Kata dia budaya akan dijadikan hulunya pembangunan di Bali. Maka dari itu, Bali sangat membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang paham tentang seni budaya.

ISI Denpasar sebagai lembaga pendidikan, mempunyai peran ikut mendukung pembangunan di daerah.

Walaupun ISI merupakan instansi vertikal milik Kementerian Ristek dan Dikti bukan berarti Pemda tidak boleh berkontribusi.

Undang-undang mengatur bahwa Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama Pemerintah pusat, Pemerintah daerah dan masyarakat.

Selanjutnya, kata Koster, nanti pada tahun 2020 sedang dihitung berapa beasiswa Bidik Misi yang bisa diberikan dari APBD Provinsi Bali untuk mahasiswa ISI Denpasar.

Halaman
12
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved