Misteri Batu Berumur 30 Ribu Tahun di Desa Pesaban, Sebagai Lambang Tolak Bala serta Kesuburan

Kebudayaan megalitik hadir sebagai manifestasi dalam menjalin hubungan antara yang hidup dan yang telah meninggal.

Misteri Batu Berumur 30 Ribu Tahun di Desa Pesaban, Sebagai Lambang Tolak Bala serta Kesuburan
Situs Peradaban di Desa Pesaban
Situs Peradaban di Desa Pesaban, Rendang, Karangasem,Bali 

TRIBUN-BALI.COM, KARANGASEM - Setelah sekian lama terpendam serta simpang siur soal keberadaan situs  lukisan wayang di atas batu di kawasan Manukaya Dagdag, Desa Pesaban, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali akhirnya terungkap makna peninggalan bersejarah itu. 

Medan yang sulit serta minimnya kesadaran akan pentingnya sejarah membuat salah satu bagian keberadaan situs wayang dalam gambar bentuk manusia ini menjadi lama tak terlestarikan. 

Namun, atas kerja Pokdarwis atau Kelompok Desa Wisata yang dikomandani oleh I Putu Puspa Artayasa benda bersejarah itu mulai dikuak misterinya.

Menurut Putu Yuda Haribuana dari Badan Arkeologi Bali yang turun langsung ke lokasi memaparkan kajian singkatnya

"Kajian singkat ini dibuat sebagai tindak lanjut dari peninjauan lapangan ke lokasi temuan relief, sebagaimana surat undangan dari Pokdarwis Saban Bercahaya Desa Pesaban, Nomor: 5/PKD-PSB/VI/2019, yang ditujukan kepada Kepala Balai Arkeologi Bali," kata Putu demikian pria ini disapa akrab.

Berdasarkan undangan tersebut, Kepala Balai Arkeologi menugaskan pihaknya untuk melakukan peninjauan ke lokasi dimaksud dengan surat tugas Nomor: 0649/H5.9/KP/2019.

Kegiatan peninjauan dilakukan bersama dengan perwakilan dari Balai Arkeologi Bali, BPCB Bali, Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem, Camat Rendang dan Perbekel Pesaban, serta Kepala Dusun Pesaban Kawan dilakukan pada hari Senin (8/7/2019).

Hasil dan pembahasan lokasi relief secara administratif terletak di Dusun Pesaban Kawan atau Subak Mukaya, Desa Pesaban, Kecamatan Rendang-Karangasem.

Secara astronomis terletak pada -8.47293ºLS dan 115.39490ºBT di ketinggian 369.2 mdpl.

Lokasi dapat dicapai dari Kantor Desa Pesaban menuju ke utara kemudian lewat gang ke arah barat atau kiri, dengan menggunakan sepeda motor mengikuti jalan beton sejauh ± 1km.

Halaman
1234
Penulis: Sunarko
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved