Saat Pelantikan, Anggota DPRD Tabanan Dapat "Hadiah" Rp 1,2 Miliar

Puluhan Anggota DPRD Tabanan periode 2019-2024 melaksanakan gladi bersih pelantikan dan pemberhentian anggota lama DPRD Tabanan

Saat Pelantikan, Anggota DPRD Tabanan Dapat 
Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Saat Pelantikan, Anggota DPRD Tabanan Dapat "Hadiah" Rp 1,2 Miliar 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN- Puluhan Anggota DPRD Tabanan periode 2019-2024 melaksanakan gladi bersih pelantikan dan pemberhentian anggota lama DPRD Tabanan di ruang Rapat DPRD Tabanan, Kamis (1/8). Pelantikan diperkirakan akan dihadiri sebanyak 400 orang lebih. Dan "hadiah" yang diperoleh para Caleg terpilih bernilai Rp 1.2 Miliar. 

Hadiah tersebut dimaksud adalah lencana emas seharga Rp 15 Juta per orang dengan total Rp 600 Juta, dan enam stel pakaian yang anggarannya mencapai Rp 600 Juta. Seluruhnya ini akan dibagikan saat pelantikan yang akan dilaksanakan Senin (5/8) mendatang. 40 Anggota Dewan Periode 2019-2024 akan dilantik dengan diawali ritual Mejaya-jaya. 

"Hari ini (kemarin) kegiatan gladi kotor dan bersih pelantikan. Ini tujuannya agar para anggota terutama yang baru terpilih pada periode mengetahui tata cara pelantikan dan pengambilan sumpahnya nanti," kata Kabag Umum Sekretariat DPRD Tabanan (Setwan), I Nyoman Putra, Kamis (1/7). 

Pembuang Bayi di Jalanan Bangli: Tak Hanya Berhubungan dengan Satu Wanita, Bayi Dicekik dan Dibekap

Oknum PNS Ditangkap di Nusa Penida, Atas Izin Keluarga Rumahnya Diperiksa, Ini yang Ditemukan

Nyoman Putra menyebutkan, akan ada banyak rangkaian pada acara pelantikan ini yang diawali dengan prosesi mejaya-jaya di Padmasana Kantor DPRD Tabanan dipuput Ida peranda dari Griya Anyar Desa Cau Blayu, Marga. Kemudian dilanjutkan  dengan rapat paripurna DPRD Tabanan untuk pelantikan anggota dewan  periode 2019-2024. 

“Saat pelantikan juga akan dirangkai ndengan penetapan ketua sementara dan wakil ketua sementara  dan dilakukan penyerahan palu sidnag serta  memori  dari pimpian lama kepada pimpian sementara DPRD Tabanan,”  jelasnya.

Nasib Malang Janda 38 Tahun, Tempati Tenda Darurat karena Diusir Keluarga Suami

Tangis Gunik Pecah Dipelukan Istri dan Anak, Terima Hukuman 7 Tahun Akibat Habisi Nyawa Tentara

Terkait pimpinan dewan sementara, kata Nyoman Putra,  sesuai  dengan ketentyuan pusat, maka pimpian sementara dewan dipegang peraiah suara terbanyak pertama dan kedua. Peraih suara terbanyak yakni PDIP telah menunjuk I Nyoman Arnawa. Sementara Golkar sebagai peraih suara terbanyak kedua menunjuk  Ni Made Meliani. 

“Keduanya akan memimpin sidang  sampai terpilih pimpian difinitif,” sebutnya.

Disinggung mengenai pakaian, Nyoman Putra menyatakan, saat pelantikan nanti para Angggota Dewan laki-laki akan mengenakan pakaian sipil lengkap (PSL) atau pakaian fuldress lengkap dengan jas dan dasi. Sementara perempuannya mengenakan pakaian nasional kebaya kemben dengan selendangnya dan bersanggul. 

“sesuai dengan aturan dari pusat, pria full dress, perempuan pakaian nasional,” tandasnya.(mpa)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved