Tenganan Pegringsingan dan Taman Edelwis Akan Dikerjasamakan, Diharapkan Bantu Penuhi Target PAD

Objek Wisata Tenganan Pegringsingan dan Taman Edelwis dalam waktu dekat akan dikerjasamakan oleh Pemerintah Daerah Karangasem

Tenganan Pegringsingan dan Taman Edelwis Akan Dikerjasamakan, Diharapkan Bantu Penuhi Target PAD
Tribun Bali/Saiful Rohim
Suasana Objek Wisata Tenganan Pegringsingan, Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali, Rabu (31/7/2019). Tenganan Pegringsingan dan Taman Edelwis Akan Dikerjasamakan, Diharapkan Bantu Penuhi Target PAD 

Tenganan Pegringsingan dan Taman Edelwis Akan Dikerjasamakan, Diharapkan Bantu Penuhi Target PAD

TRIBUN-BALI.COM, KARANGASEM - Objek Wisata Tenganan Pegringsingan, Desa Tenganan, Kecamatan Manggis dan Taman Edelwis di Banjar Temukus, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali, dalam waktu dekat akan dikerjasamakan oleh Pemerintah Daerah Karangasem, dalam hal ini Dinas Pariwisata.

Rencana keerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan daerah sektor pariwisata. Mengingat target PAD sekarang meningkat.

Apalagi 2 objek wisata tersebut ramai dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik setiap harinya. Tenganan Pegringsingan dikenal dengan adat & budaya, serta panorama alam Edelwis.

Rabu (31/7/2019), Perbekel Tenganan, Putu Yudiana mengaku, Dinas Pariwisata Karangasem sempat melakukan komunikasi dengan prajuru di Tenganan Pegringsingan.

Namun untuk pembahasan detail belum diputuskan, seperti pembagian hasil, teknis pemungutan dan status pemungut retribusi.

"Kan sudah ada perjanjian antara pemerintah daerah (Pemda) Karangasem dengan semua desa adat terkait pengelolaan potensi desa, seperti objek wisata. Pemerintah perlu koordinasi lagi terkait keinginn ini," imbuhnya.

Untuk Taman Edelwis, pemerintah dan pengelola taman sudah menemui kesepakatan dan akan dikoordinasikan kembali.

Sebelum kerja sama dimulai, pemerintah akan membangun fasilitas terlebih dulu di Taman Edelwis, seperti papan nama wisata, petunjuk menuju wisata, atau akses jalan raya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), Ketut Sedana Merta menjelaskan, proses kerja sama sudah dikoordinasikan dengan desa terkait.

Pihak desa pun dikatakannya, menyambut baik rencana pemerintah tersebut. Untuk itu, Dinas Pariwisata akan terus berupaya mengembangkan paariwisata di Karangasem.

Pihaknya berharap target PAD 2019 sekitar Rp 15 milliar, bisa terkejar dengan adanya tambahan pungutan retribusi wisata baru.

Objek Wisata yang dipungut retribusi yakni Pantai Tulamben, Pantai Candidasa, Taman Soekasada Desa Tumbu, Pura Besakih, serta Wisata Bahari Rafting.

(*)

Penulis: Saiful Rohim
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved