Tuntut Kejelasan Status & Upah, Puluhan Karyawan Soka Restoran & Bar Mengadu ke Disperinaker Badung

Puluhan pekerja dari Soka Restoran dan Bar mendatangi kantor Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan Badung membuat pengaduan soal status mereka

Tuntut Kejelasan Status & Upah, Puluhan Karyawan Soka Restoran & Bar Mengadu ke Disperinaker Badung
Dokumentasi Gendo Law Office
Puluhan pekerja Soka Restoran dan Bar saat mendatangi kantor Disperinaker Badung, Rabu (31/7/2019). Tuntut Kejelasan Status & Upah, Puluhan Karyawan Soka Restoran & Bar Mengadu ke Disperinaker Badung 

Tuntut Kejelasan Status & Upah, Puluhan Karyawan Soka Restoran & Bar Mengadu ke Disperinaker Badung

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Puluhan pekerja dari Soka Restoran dan Bar mendatangi kantor Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker) Kabupaten Badung pada Rabu (31/7/2019).

Tujuannya membuat pengaduan karena status mereka sebagai karyawan Soka Restoran & Bar menjadi tidak jelas lantaran perusahaaan telah memutuskan menutup operasional pada tanggal 12 Mei 2019 lalu.

Kedatangan para karyawan tersebut didampingi keempat pengacaranya dari kantor advokat Gendo Law Office yakni I Wayan Suardana, I Wayan Adi Sumiarta, I Made Juli Untung Pratama dan I Kadek Ari Pebriarta.

Ida Bagus Gede Naradigda yang ditunjuk menjadi perwakilan karyawan menuturkan, ia dan puluhan karyawan lainnya sudah beberapa kali mencoba berkomunikasi dengan manajemen perusahaan, namun selalu menemui jalan buntu.

Karyawan yang kerap disapa Ajix itu menambahkan, selain nasib mereka menjadi tidak jelas setelah manajemen memutuskan menutup operasional Soka Restoran & Bar, ia dan puluhan karyawan lainnya juga belum mendapatkan upahnya sejak Maret 2019 sampai saat ini.

“Kami hanya ingin perusahaan dapat memperjelas status kami dan juga memenuhi hak-hak kami yang selama ini belum dibayarkan,” ungkapnya.

I Wayan Suardana selaku kuasa hukum menerangkan, ada 38 karyawan Soka Restoran & Bar yang memberikan kuasa kepadanya dan rekan-rekan dari kantor Advokat Gendo Law Office, untuk memperjuangkan kejelasan status dan hak-hak puluhan karyawan yang belum dibayarkan oleh perusahaan.

Pengacara yang kerap dipanggil Gendo tersebut menambahkan, selaku kuasa hukum ia sudah dua kali bersurat kepada perusahaan agar permasalahan para karyawan tersebut dapat cepat diselesaikan.

Namun karena dirasa tidak ada itikad baik dari perusahaan, maka sesuai dengan peraturan di bidang ketenagakerjaan, Gendo menyarankan kepada para karyawan untuk membuat pengaduan ke Disperinaker Badung.

“Kalau saja perusahaan ada itikad baik, semestinya permasalahan ini dapat diselesaikan dengan cepat mengingat ini menyangkut nasib puluhan pekerjanya,” ujarnya.

Made Gunarta selaku Kepala Bidang Hubungan Industrial Disperinaker Badung yang menerima surat pengaduan dari puluhan karyawan Soka Restoran & Bar, menjelaskan akan segera menindaklanjuti surat pengaduan tersebut.

“Kami akan mengundang pihak perusahaan untuk hadir ke sini guna dimintai keterangan pada tanggal 15 Agustus 2019,” terangnya.

(*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved