Berita Banyuwangi

Banyuwangi Drumband Etnik Angkat Budaya Nusantara

Kabupaten Banyuwangi selalu berinovasi mengemas budayanya. Seperti Festival Drumband Etnik

Banyuwangi Drumband Etnik Angkat Budaya Nusantara
Surya/Haorrahman
Festival Drumband Etnik ini digelar Kamis (31/8/2019) malam. Sebanyak 22 grup mengikuti kompetisi yang telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraan ini. Ada yang dari PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA. Banyuwangi Drumband Etnik Angkat Budaya Nusantara 

Banyuwangi Drumband Etnik Angkat Budaya Nusantara

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi selalu berinovasi mengemas budayanya. Seperti Festival Drumband Etnik.

Para peserta tidak hanya memainkan alat perkusi modern, namun juga menggabungkan dengan alat musik tradisional. Musik yang dihasilkan pun menjadi menarik.

Festival Drumband Etnik ini digelar Kamis (31/8/2019) malam. Sebanyak 22 grup mengikuti kompetisi yang telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraan ini. Ada yang dari PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA.

Penampilan mereka mampu menghibur ratusan penonton yang hadir. Sebanyak 22 grup berlomba-lomba menampilkan kepiawaiannya memainkan berbagai alat musik drum band, dikolaborasikan dengan alat mudik tradisional seperti patrol, saron, gong, rebana, peking dan kendang.

Tidak hanya memainkan alat musik, namun juga menampilkan atraksi seni. Ada yang menari maupun menampilkan teatrikal seni. Walhasil, ribuan penonton yang menghadiri acara tersebut merasa sangat terhibur.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan Banyuwangi terus menggelar kegiatan kreatif yang modern namun tetap mengangkat budaya lokal. Drum band etnik salah satunya.

"Kami ingin anak-anak tidak hanya mengenal budaya pop saja, namun juga tetap mencintai tradisinya sendiri. Anak-anak boleh memainkan alat musik modern, namun tidak boleh lupa dengan budayanya," kata Anas.

Drum band yang banyak mengandalkan musik perkusi sangat memungkinkan untuk dikolaborasikan dengan alat perkusi tradisional.

"Ketika dikolaborasikan, akhirnya menjadi atraksi yang menarik. Bagaimana tepukan kendang berharmoni dengan perkusi drum band, sangat menarik sekali," kata Anas.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved