Kongres Bertepatan Idul Adha, PDIP Akan Gelar Salat Ied dan Bagikan Hewan Kurban di Denpasar

PDIP juga akan melakukan ibadah Salat Ied bersama yang direncanakan akan digelar di Lapangan Masjid Al-Ihsan, saat kongres V PDIP di Bali

Kongres Bertepatan Idul Adha, PDIP Akan Gelar Salat Ied dan Bagikan Hewan Kurban di Denpasar
Tribun Bali/Ragil Armando
DPP PDIP menggelar jumpa pers setelah mengecek persiapan Kongres V PDIP di Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (2/8/2019). Kongres Bertepatan Idul Adha, PDIP Akan Gelar Salat Ied dan Bagikan Hewan Kurban di Denpasar 

Kongres Bertepatan Idul Adha, PDIP Akan Gelar Salat Ied dan Bagikan Hewan Kurban di Denpasar

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Perhelatan Kongres V PDIP yang berlangsung pada 8-11 Agustus 2019 ternyata bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha yang merupakan salah satu hari besar umat Islam.

Untuk itu, PDIP juga akan melakukan ibadah Salat Ied bersama yang direncanakan akan digelar di Lapangan Masjid Al-Ihsan, Sanur, Denpasar, Minggu (11/8/2019) mendatang.

"Kalau saya misalkan akan salat di lapangan di dekat sana, di sana bisa nampung sekitar 1.500," kata Ketua Steering Commite (SC) Kongres V PDIP, H Djarot Saiful Hidayat, di DPD PDIP Bali, Denpasar, Jumat (2/8/2019).

Djarot juga menjelaskan bahwa Salat Ied tersebut tidak hanya diikuti para penggembira, peserta kongres dan warga muslim Denpasar saja.

Namun, juga akan diikuti para pimpinan ormas Islam seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bali, PW Muhammadiyah Bali dan PWNU Bali.

"Hari Minggu kan penutupan itu, peserta yang belum balik dia akan salat di sana," jelas dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menambahkan, Salat Ied akan dipimpin KH Maimun Nor yang juga bertindak sebagai khatib salat.

Di sisi lain, pihaknya juga akan menyerahkan secara simbolis hewan kurban dari Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri kepada perwakilan ormas Islam dan majelis taklim di seluruh Denpasar.

Hewan kurban yang diserahkan oleh PDIP yakni sebanyak 30 ekor kambing dan 3 kerbau.

Anggota DPR RI Terpilih Dapil Sumatera Utara III ini menambahkan, kegiatan serupa juga akan digelar di DPP PDIP Lenteng Agung.

"Di Al-Ihsan sekaligus penyerahan hewan kurban, kita akan menyerahkan 30 ekor kambing dan 3 kerbau
ke warga masyarakat, majelis-majelis taklim, di samping kita rutin, di DPP juga akan adakan," jelasnya.

Ia menjelaskan, memilih melakukan kurban dengan hewan kerbau dikarenakan ingin menghormati masyarakat budaya dan adat Bali yang sangat mensucikan hewan lembu sebagai kendaraan Dewa Wisnu.

"Kerbau kan boleh, kita harus menghormati budaya, masyarakat di Bali. Itu Walisongo di Kudus kan saat itu juga sama, bahkan sampai sekarang masih," tukas Djarot.

(*)

Penulis: Ragil Armando
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved