Seluruh Desa di Badung Wajib Punya TPST

Pemerintah Kabupaten Badung mewajibkan seluruh desa/kelurahan yang ada di Gumi Keris untuk memiliki Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST)

Seluruh Desa di Badung Wajib Punya TPST
Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Seorang warga berada di sekitar TPST I Petang, Badung, Bali, beberapa hari lalu. Seluruh Desa di Badung Wajib Punya TPST 

Seluruh Desa di Badung Wajib Punya TPST

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Pemerintah Kabupaten Badung mewajibkan seluruh desa/kelurahan yang ada di Gumi Keris untuk memiliki Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).

Pada tahun 2020 mendatang, desa/kelurahan juga harus menyiapkan tempat sampah di rumah-rumah warga, baik untuk menampung sampah organik maupun non organik.

“Pembangunan TPST ini di setiap desa/kelurahan saya wajibkan agar di Badung memang benar-benar berdikari dalam pengolahan sampah,” kata Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Badung, Rabu (31/7/2019), di Ruang Utama Gosana Lantai III Kantor DPRD Badung.

Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang itu juga mengatakan mengenai persoalan lahan, bangunan, maupun mesin pencacah sampah yang dibutuhkan, Pemkab Badung siap untuk menyediakan.

Ia mengaku sudah memerintahkan kepada instansi terkait untuk mencairkan kebutuhan anggaran untuk pembangunan TPST tersebut.

“Tahun 2020 desa juga harus menyiapkan tempat sampah di rumah-rumah sehingga bisa langsung diolah oleh petugas. Begitu juga camat juga harus memantau,” bebernya.

2 Siswa SMAN 3 Denpasar Ikut Konferensi Riset di Barcelona

Pemprov Bali Terbitkan Pergub Soal Pemutihan, Upaya Dorong Peningkatan PAD

Pembangunan TPST tersebut menurutnya untuk program Batik (Badung Anti Kantong Plastik), sehingga semua desa/kelurahan dapat menyiapkan kebutuhan lahan, bangunan, maupun mesin.

“Nanti pada TPST ada program yang disebut Reuse, Reduce dan Recycle sehingga semua sampah bisa diolah. Kalau itu sampah organik kita kumpulkan untuk diolah jadi pupuk,” ungkapnya.

Mantan ketua DPRD Badung itu pun menargetkan TPST itu sudah tuntas pada tahun 2020 mendatang. Termasuk untuk pengadaan lahan, pembangunan gedung dan pengadaan mesin.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved