Waktu Mengurus Izin Tiap Kabupaten Berbeda, Koster Rancang Pergub Standar Pelayanan Perizinan

Gubernur Bali Wayan Koster menyoroti salah satu pelayanan publik di Provinsi Bali, khususnya yang berkaitan dengan perizinan

Waktu Mengurus Izin Tiap Kabupaten Berbeda, Koster Rancang Pergub Standar Pelayanan Perizinan
Tribun Bali/Wema Satyadinata
Gubernur Bali Wayan Koster. Waktu Mengurus Izin Tiap Kabupaten Berbeda, Koster Rancang Pergub Standar Pelayanan Perizinan 

Waktu Mengurus Izin Tiap Kabupaten Berbeda, Koster Rancang Pergub Standar Pelayanan Perizinan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster menyoroti salah satu pelayanan publik di Provinsi Bali, khususnya yang berkaitan dengan perizinan. Perizinan di Bali untuk izin yang sama berbeda prakteknya antar kabupaten satu dengan kabupaten yang lainnya. 

“Ini perlu dicermati. Untuk mengurus izin hotel, restoran, beda-beda. Ada yang lama kabupatennya, ada yang cepat. Ada yang pakai ini itu, ada yang enggak,” kata Koster di Denpasar kemarin.

Maka dari itu pihaknya kini sedang menyusun Peraturan Gubernur (Pergub) untuk melakukan standarisasi pelayanan perizinan, supaya untuk jenis perizinan yang sama di kabupaten/kota se Bali memiliki standar teknis yang sama, dan dengan sistem penerapan yang sama.

“Jangan untuk urusan hal yang sama, praktek di kabupaten/kotanya beda-beda. Ada 2 tahun gak keluar, ada setahun gak keluar, sebaliknya ada sebulan sudah keluar, bahkan ada yang satu minggu sudah keluar,” ujarnya.

Menurutnya hal ini memang benar terjadi dan tidak boleh dibiarkan secara terus menerus sehingga harus distandarkan, supaya sistem perizinan di Bali betul-betul terkelola dengan baik.

Dengan demikian, ke depan dengan adanya Pergub ia berharap pelayanan publik di Bali ada standarnya dengan kualitas yang baik, cepat dan bersih.

“Saya minta dalam penyelenggaraan pelayanan publik ini bersih, jangan ada KKN, jangan ada sogok menyogok,” tegas pria asal Desa Sembiran, Buleleng ini.

(*)

Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved