Kurangi Penggunaan Kantong Plastik, Pemedek Bawa Tempat Tirta Sendiri Saat Tangkil ke Pura

Panas matahari menyengat tak menyurutkan pemedek untuk tangkil dan mengikuti sejumlah prosesi piodalan di Pura Luhur Pakendungan

Kurangi Penggunaan Kantong Plastik, Pemedek Bawa Tempat Tirta Sendiri Saat Tangkil ke Pura
Dok
Para pemedek yang tangkil di Pura Luhur Pekendungan, Kecamatan Kediri, Tabanan, Sabtu (3/8/2019). Kurangi Penggunaan Kantong Plastik, Pemedek Bawa Tempat Tirta Sendiri Saat Tangkil ke Pura 

Kurangi Penggunaan Kantong Plastik, Pemedek Bawa Tempat Tirta Sendiri Saat Tangkil ke Pura

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Panas matahari menyengat tak menyurutkan pemedek untuk tangkil dan mengikuti sejumlah prosesi piodalan di Pura Luhur Pakendungan yang jatuh tepat pada Sabtu Kliwon Kuningan (3/8/2019).

Salah satunya yang menarik adalah upacara pangrebegan dari Puri Kediri yang mendak Keris Bendesa Sakti dari Puri Kediri.

Menariknya, pada pujawali kali ini ada yang berbeda karena pemedek diimbau menyiapkan tempat tirta sendiri dari rumah masing-masing untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Pemedek yang tangkil ke Pura Luhur Pakendungan sudah datang sejak pagi hari, keramaian mulai terlihat sejak pukul 10.00 Wita, dan puncaknya terjadi pada pukul 14.00 Wita hingga malam hari.

Pujawali saat ini ada yang berbeda dikarenakan pemedek diimbau menyiapkan tempat tirta sendiri dari rumah masing-masing untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Serangkaian upacara seperti ritual mebrjian sudah dimulai sejak Jumat (2/8/2019). Dan hari ini, prosesi pengerebegan dilaksanakan sejak pagi pukul 11.30 Wita.

Pengerebegan sendiri diiringi oleh atraksi okokan yang merupakan ciri khas Desa Adat Kediri. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi piodalan.

Disisi lain, untuk mengantisipasi kemacetan, Pecalang Desa Adat Beraban yang bekerjasama dengan Divisi DTW Tanah Lot sudah berkoordinasi sebelumnya.

Artinya, untuk parkir pemedek diarahkan ke parkir umum di sebelah barat yang biasanya digunakan sebagai parkir bus, parkir pelaba Pura Luhur Pakendungan, dan parkir cadangan sebelah selatan parkir umum DTW Tanah Lot.

Selain itu pihak manajemen juga mengantisipasi dengan memasang rambu-rambu petunjuk khusus untuk pemedek.

Piodalan di Pura Luhur Pakendungan akan berlangsung atau nyejer sejak Sabtu (3/8/2019) hingga Selasa (6/8/2019).

(*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved