Kacang Mete Masih Dijual Mentahan

Masyarakat di Desa Tembok saat ini tengah diberikan pelatihan oleh pemerintah di desa setempat, terkait teknik mengupas kacang mete

Kacang Mete Masih Dijual Mentahan
Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Kacang Mete Masih Dijual Mentahan 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Masyarakat di Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Buleleng saat ini tengah diberikan pelatihan oleh pemerintah di desa setempat, terkait teknik mengupas kacang mete.

Pelatihan ini diberikan agar masyarakat mampu mengolah kacang tersebut, sehingga dapat meningkatkan perekonomian.

Perbekel Desa Tembok, Dewa Komang Yudi Sastra mengatakan, pelatihan sudah dilakukan sejak sebulan terkahir. 

Sejatinya, masyarakat di desa setempat mampu memproduksi sebanyak 50 ton kacang mete per setiap musimnya. Namun sayang, masyarakat menjual kacang mete tersebut masih dalam bentuk mentahan, alias belum dikupas.

Tak pelak, harga jualnya pun turun yakni sekitar Rp 15 ribu hingga 20 ribu per kilogramnya.Sementara bila dijual dalam kondisi yang sudah dikupas, mencapai Rp 150 ribu per kilogramnya.

"Oleh sebab itu masyarakat kami berikan pelatihan teknik mengupas kacang mete, sehingga perekonomian mereka bisa meningkat. Masyarakat di desa inu juga banyak yang jual melalui pengepul. Sedangkan harga dari pengepul itu sangat standar. Karena sebelum panen, masyarakat itu sudah duluan meminjam uang kepada pengepul, sehingga harga mete yang diberikan standar," jelasnya, Minggu (4/8/2019).

Untuk itu, setelah pelatihan ini selesai dilakukan Sastra pun mengaku kedepan, pihaknya akan memperketat lagi harga mete utamanya di pengepul.

Pun pihaknya juga akan coba memfasilitasi agar mete-mete ini juga dapat dijual hingga keperhotelan.

"Silakan pengepul ambil mete, namun harganya sudah standar dan sama rata, misalnya Rp 20 ribu per kilo. Pelatihan ini terus kami lakukan, tidak ada batas waktu, sampai masyarakat benar-benar bisa mengupasnya," tutupnya. (*)

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved