Temuan Situs Petirtaan Era Kerajaan Majapahit di Jombang Menguak Fakta Menarik, Mirip Candi Tikus

Situs petirtaan kuno era peninggalan Majapahit kembali ditemukan di Jombang, Jawa Timur.

Temuan Situs Petirtaan Era Kerajaan Majapahit di Jombang Menguak Fakta Menarik, Mirip Candi Tikus
Kompas.com/MOH. SYAFIƍ
Penampakan situs purbakala di dasar sendang Sumberbeji, Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Pada Sabtu (3/8/2019), Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, mengakhiri kegiatan survei penyelamatan situs di lokasi tersebut. 

TRIBUN-BALI.COM, JOMBANG - Situs petirtaan kuno era peninggalan Kerajaan Majapahit kembali ditemukan di Jombang, Jawa Timur

Penemuan situs bersejarah tersebut semakin memberi petunjuk bagi arkeolog bahwa lokasi tersebut adalah peninggalan era Kerajaan Majapahit

Dikutip Tribun Bali via Kompas.com, situs petirtaan tersebut berhasil dieskavasi oleh tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur

BPCB melakukan survei penyelamatan situs purbakala di lokasi penemuan petirtaan kuno di Jombang, sejak Selasa (30/7/2019) lalu.

Survei penyelamatan benda purbakala di dasar sendang Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, itu berakhir pada Sabtu (3/8/2019) ini.

Dari hasil survei itu, BPCB Jawa Timur berhasil mengungkap beberapa fakta menarik terkait situs purbakala di Sumberbeji, Jombang.

Arkeolog dari BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho mengungkapkan, selama 5 hari melakukan survei penyelamatan situs, pihaknya berhasil membongkar sekitar 20 hingga 30 persen lokasi situs.

Membentuk Petirtaan Dikatakan, tim dari BPCB menemukan sejumlah benda dan struktur dari bata kuno.

Temuan pada hari kelima, berupa 2 struktur sudut bangunan dari bata kuno yang saling terkait dengan struktur lainnya.

"Di hari terakhir kita menemukan dua sudut, sudut barat laut dan timur laut yang berukuran kurang lebih 18 meter. Sudut itu menyiku, terus tersambung dengan saluran air yang kita temukan pertama kali," kata Wicaksono, Sabtu petang.

Halaman
123
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved