Jaminan Kesehatan 3.624 PBI di Bangli Dicabut

Jaminan kesehatan bagi 3.624 lebih penerima bantuan iuran (PBI) di Bangli telah dicabut per tanggal 1 Agustus 2019

Jaminan Kesehatan 3.624 PBI di Bangli Dicabut
Tribun Bali
(Foto Ilustrasi dan tidak terkait berita) Warga Banjar Kepisah, Sumerta Klod, Denpasar, Bali, memeriksakan kesehatannya di Safari Kesehatan yang diadakan Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Senin (16/2/2015). Jaminan Kesehatan 3.624 PBI di Bangli Dicabut 

Jaminan Kesehatan 3.624 PBI di Bangli Dicabut

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Jaminan kesehatan bagi 3.624 lebih penerima bantuan iuran (PBI) di Bangli telah dicabut per tanggal 1 Agustus 2019.

Secara otomatis, seluruh penerima bantuan tidak bisa menggunakan fasilitas ini.

Kepala Dinas Sosial Bangli, I Nengah Sukarta, Senin (5/8/2019) menjelaskan bantuan jaminan kesehatan ini diberikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten.

Secara konkuren, jaminan kesehatan dari pemerintah pusat diperuntukkan bagi warga miskin yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT).

Sedangkan penghapusan jaminan kesehatan ini, lanjut dia, akibat adanya ketidaksesuaian data by address by name warga miskin yang masuk dalam BDT.

Dimana untuk Kabupaten Bangli, terdapat sebanyak 3.624 penerima bantuan yang dicabut.

Kolaborasi Quorn dan Manggis in Canggu Hadirkan Makanan Protein Tinggi Bebas Daging di ACN 2019

Barito Putera Percaya Diri Hadapi Tira Persikabo Setelah Menumbangkan Persib Bandung

“Para penerima ini memiliki kartu. Namun data mereka tidak lengkap. Ada yang tidak memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan), tidak memiliki KK (kartu keluarga), hingga alamat tidak jelas. Adapula yang belum melakukan perekaman KTP terbaru. Karena sekarang pemberian bantuan menggunakan aplikasi, sehingga mereka yang datanya tidak lengkap jaminan kesehatannya langsung tidak aktif,” ujarnya.

Sukarta mengaku belum mendapatkan data nama PBI yang telah dicabut itu.

Menurut dia, ada kemungkinan dari jumlah 3.624 PBI yang memiliki kartu dobel, mengingat pemerintah daerah juga memberi jaminan kesehatan melalui BDT.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved