Universitas Udayana Tuan Rumah PIMNAS ke 32, Dihadiri 1.614 Mahasiswa dari 126 Perguruan Tinggi

Pimnas merupakan kegiatan yang digelar guna menunjang pembangunan sumber daya manusia, khususnya di bidang Iptek

Universitas Udayana Tuan Rumah PIMNAS ke 32, Dihadiri 1.614 Mahasiswa dari 126 Perguruan Tinggi
Tribun Bali/Meika Pestaria Tumanggor
Konferensi pers Pimnas ke 32 di Gedung Rektorat Unud, Bali, Senin (5/8/2019). Universitas Udayana Tuan Rumah PIMNAS ke 32, Dihadiri 1.614 Mahasiswa dari 126 Perguruan Tinggi 

Universitas Udayana Tuan Rumah PIMNAS ke 32, Dihadiri 1.614 Mahasiswa dari 126 Perguruan Tinggi

Laporan Wartawan Tribun Bali, Meika Pestaria Tumanggor

TRIBUN-BALI.COM, JIMBARAN - Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke 32 tahun 2019 akan digelar pada 27-31 Agustus 2019, di Universitas Udayana, Kampus Unud Bukit Jimbaran.

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Na' im mengatakan Pimnas merupakan kegiatan yang digelar guna menunjang pembangunan sumber daya manusia, khususnya di bidang Iptek.

"Secara spesifik Pimnas menjadi wahana untuk mendorong kreativitas dan kemampuan mahasiswa ikut mengembangkan Iptek, mencari temuan baru di bidang masing-masing, sehingga tercipta mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan," kata Ainun Na'im saat konferensi pers di Gedung Rektorat Unud, Bali, Senin (5/8/2019).

Selain mengasah kemampuan mahasiswa di bidangnya masing-masing, Pimnas juga mengasah soft kill mahasiswa dalam mempresentasikan hasil penelitian.

"Dalam Pimnas ini kita berupaya membangun sumber daya manusia yang unggul dan utuh secara hard skill dan soft kill. Aspek leadership, komunikasi, kerja sama dan presentasi juga jadi aspek penilaian penting yang turut mengasah hard skill dan soft skill mahasiswa," tambah Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ismunandar.

Pada Pimnas ke 32 akan ada 460 tim dengan 1.614 mahasiswa dari 126 perguruan tinggi seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrsitekdikti), yang terdiri dari 70 perguruan tinggi negeri, dan 56 perguruan tinggi swasta.

Peserta Pimnas akan mempresentasikan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang akan dinilai oleh 71 orang juri.

PKM yang akan dipresentasikan terdiri dari PKM Penelitian Eksakta 120 judul, PKM Penelitian Sosial Humaniora 60 judul, PKM Penerapan Teknologi 40 judul, PKM Pengabdian kepada Masyarakat 60 judul, PKM Kewirausahaan 60 judul, PKM Karya Cipta 80 judul, PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) 20 judul dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) 20 judul.

"Ini merupakan kali pertama Unud menjadi tuan rumah Pimnas. Dan kami siap menyambut 1.614 ilmuwan muda dalam ajang bergengsi tingkat nasional ini," kata Rektor Universitas
Udayana, AA Raka Sudewi.

Dalam konferensi pers ini, diresmikan pula website resmi dan perangkat pendukung seperti maskot Pimnas ke 32.

(*)

Penulis: Meika Pestaria Tumanggor
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved