Data TKI Bali di Luar Negeri Tidak Jelas, Dewan Akan Wajibkan Pekerja Lapor ke Dinas Tenaga Kerja

Ternyata sampai saat ini Pemprov Bali tidak mengetahui secara pasti jumlah warga Bali yang mencari nafkah ke luar negeri

Data TKI Bali di Luar Negeri Tidak Jelas, Dewan Akan Wajibkan Pekerja Lapor ke Dinas Tenaga Kerja
Humas DPRD Bali
Ketua Pansus Raperda tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan I Nyoman Parta (merah) saat memimpin rapat pembahasan Raperda tersebut di Ruang Rapat Gabungan DPRD Bali, Rabu (7/8/2019). Data TKI Bali di Luar Negeri Tidak Jelas, Dewan Akan Wajibkan Pekerja Lapor ke Dinas Tenaga Kerja 

Data TKI Bali di Luar Negeri Tidak Jelas, Dewan Akan Wajibkan Pekerja Lapor ke Dinas Tenaga Kerja

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Selama ini banyak masyarakat Bali, terutama generasi muda yang bekerja ke luar negeri, seperti ke kapal pesiar dan sebagainya.

Masyarakat Bali sebagai tenaga kerja ke luar negeri biasanya dikirim oleh Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Denpasar, serta dikirim juga oleh manning agency.

Di tengah banyaknya masyarakat yang bekerja ke berbagai negara, ternyata sampai saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali tidak mengetahui secara pasti jumlah warga Bali yang mencari nafkah ke luar negeri.

Hal ini terkuak dalam rapat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Bali tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan di Ruang Rapat Gabungan Gedung DPRD Bali, Rabu (7/8/2019).

Rapat tersebut dihadiri berbagai stakeholder bidang ketenagakerjaan, seperti Dinas Tenaga Kerja provinsi dan kabupaten/kota di Bali, BP3TKI, serikat pekerja dan sebagainya.

Galang Dana Gotong Royong, Kongres V PDIP di Bali Habiskan Dana Rp 17,6 Miliar untuk Akomodasi

Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia, Ada Berbagai Games Menarik di Alaya Hotels and Resorts

Melihat fenomena ini, Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan I Nyoman Parta merasa kebingungan.

Sebab dirinya menemukan antara data instansi yang satu dengan yang lainnya, dalam hal ini BP3TKI dengan manning agency berbeda-beda.

Perbedaan data inilah yang menyebabkan sampai saat ini tidak dapat diketahui secara pasti jumlah warga Bali yang ke luar negeri untuk bekerja.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved