Hidupkan Ekonomi Desa, Satgas TMMD Bangun Jalan Menuju Air Terjun Tirta Tiasa Udayana di Nyanglan

Kegembiraan berlimpah dirasakan warga Desa Nyanglan, Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali, setelah dilaksanakan program TMMD ke-105

Hidupkan Ekonomi Desa, Satgas TMMD Bangun Jalan Menuju Air Terjun Tirta Tiasa Udayana di Nyanglan
Kodam IX/Udayana
Pangdam IX/Udayana saat meninjau pengerjaan akses jalan yang dilakukan anggota TMMD ke-105 di Desa Nyanglan. Hidupkan Ekonomi Desa, Satgas TMMD Bangun Jalan Menuju Air Terjun Tirta Tiasa Udayana di Nyanglan 

Hidupkan Ekonomi Desa, Satgas TMMD Bangun Jalan Menuju Air Terjun Tirta Tiasa Udayana di Nyanglan

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Kegembiraan berlimpah dirasakan warga Desa Nyanglan, Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali, setelah dilaksanakan program TMMD ke-105.

Semula, warga hanya mendapat kabar kalau personel TNI akan membangunkan jalan baru yang membelah areal persawahan sebagai kegiatan utama.

“Jalan itu memang sudah lama ditunggu-tunggu warga. Tetapi, siapa sangka ada kejutan lain bagi warga, yakni ditemukannya akses menuju air terjun di Nyanglan. Ini benar-benar di luar perkiraan kami, sehingga kami sungguh-sungguh terharu atas berkah ini,” ujar Jro Mangku I Wayan Purwa Antara selaku Kelian Banjar Dinas Dusun Tengah, Nyanglan, ketika ditemui di lokasi jalan baru hasil karya personel TMMD ke-105, Rabu (7/8/2019).

Menurut Purwa Antara, memang sudah lama penduduk Nyanglan mendengar kabar tentang keberadaan air terjun yang ‘tertidur’ di antara tebing-tebing yang curam dan terjal.

Sehubungan letaknya di jurang yang terjal, sungguh sulit untuk dapat dijangkau oleh penduduk. 

Kalau toh mau memaksakan diri untuk bisa sampai ke kawasan air terjun, warga harus melewati hutan dan rimbunan semak, serta menuruni tebing yang dirambati tanaman menjalar yang sebagian berduri. 

Pengelolaan Air Tanah yang Baik dan Tepat Mendukung Pariwisata Berkelanjutan

Pengusaha Mebel di Denpasar Didenda Rp 2 Juta, Kenapa Ya?

Sementara, sejak dibangun jalan baru yang membelah persawahan desa, akses menuju air terjun menjadi terbuka dan lebih mudah menuju lokasi itu.

“Semula jalan baru direncanakan 1.800 meter, akhirnya kini diperpanjang jadi 2.035 meter, sehingga bisa menjangkau kawasan air terjun,” tambah Purwa Antara.

Halaman
1234
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved