BRSU Tabanan Buka Poliklinik Khusus Penderita Kanker

BRSU Tabanan kini menjadi rumah sakit pertama di Bali Barat yang memiliki layanan unggulan khusus untuk penderita kanker

BRSU Tabanan Buka Poliklinik Khusus Penderita Kanker
Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Khusus Kanker - Suasana di IGD BRSU Tabanan, Rabu (7/8/2019). BRSU Tabanan menjadi rumah sakit pertama di Bali Barat yang memiliki layanan kanker. BRSU Tabanan Buka Poliklinik Khusus Penderita Kanker 

BRSU Tabanan Buka Poliklinik Khusus Penderita Kanker

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - BRSU Tabanan kini menjadi rumah sakit pertama di Bali Barat yang memiliki layanan unggulan di bidang Onkologi Medik/Kemoterapi Sistemik atau layanan khusus untuk penderita kanker.

Layanan ini menjadi spesifik karena rumah sakit lain di wilayah Bali Barat (Jembrana dan Buleleng) belum ada yang memiliki layanan ini.

Layanan ini mulai dibuka per 1 Agustus 2019 lalu oleh dr I Made Duwi Sumohadi, Konsultan Hematologi Onkologi Medik yang berpengalaman di bidangnya.

Waktu pelayanan Unit Layanan Hemato-Onkologi Medik/Kemoterapi Sistemik tiga kali dalam sepekan yaitu Senin, Kamis, dan Sabtu, Pukul 08.30-14.00 Wita.

Megawati Akan Dikukuhkan Kembali Sebagai Ketua Umum PDI-P, Hasto : Seluruh Kader Menginginkan

UVJF Bakal Dihadiri Musisi Jazz dari 8 Negara, Dukung Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai

“Kami menjadi yang pertama membuka wilayah ini untuk wilayah zona Bali Barat. Artinya pelayanan ini khusus untuk yang menderita kanker,” kata Direktur BRSU Tabanan, Dr I Nyoman Susila saat dihubungi, Rabu (7/8/2019).

Susila menjelaskan, Unit Layanan Hemato-Onkologi Medik/Kemoterapi Sistemik mencangkup poli Rawat Jalan Hemato Onkologi Medik, Ruang Rawat Inap Khusus pasien-pasien kanker, Ruang Kemoterapi dan Isolasi untuk pasien kanker yang menjalani kemoterapi risiko tinggi dan pasien yang mengalami Febril Neutropenia setelah menjalani kemoterapi, serta Ruangan Handling, ruangan khusus untuk mencampur obat-obat kemoterapi.

“Jadi ada beberapa hal yang bisa dilakukan setelah dibukanya poliklinik khusus kanker ini. Mulai dari diagnosis hingga kemoterapi, selain itu juga akan disediakan ruang rawat inap khusus untuk pasien kanker, ruang kemoterapi, dan ada juga ruangan khusus mencampur obat kemoterapi,” jelasnya.

Melodi Merah Putih Sambut HUT RI ke 74 di Plaza Renon Denpasar

Ketika Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Naik Ojek Online Untuk Hadiri Kongres V PDIP di Bali

Meskipun saat ini masih terdapat kekurangan terutama untuk tenaga perawat baik di poliklinik maupun ruangan kemoterapi, namun pihak rumah sakit mengaku tetap optimis dapat memberikan layanan Hemato-Onkologi Medik/Kemoterapi Sistemik secara optimal.

“Kam optimis nantinya bisa memberikan pelayanan dengan optimal untuk mengimplementasikan pelayanan yang mencangkup jaminan kualitas dan kontrol mutu secara komprehensif,” ujarnya.

Diharapkan, kata dia, dengan adanya Unit Layanan Hemato-Onkologi Medik/Kemoterapi Sistemik ini dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat Tabanan khususnya yang menderita kanker.

“Kami harap bisa membantu masyarakat Tabanan. Kemudian juga untuk masyarakat luar Tabanan seperti Jembrana dan Buleleng bisa merujuk kesini,” harapnya.

Untuk diketahui, BRSUD Tabanan merupakan salah satu Rumah Sakit pemerintah yang dimiliki oleh Kabupaten Tabanan dengan kelas Tipe B Pendidikan, RS Regional yang mewilayahi Zona Bali Barat yaitu Kabupaten Jembrana dan Buleleng.

(*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved