Penataan Tahap 1 Anggarkan Rp 2 M, Perbatasan Kabupaten Klungkung-Gianyar Kumuh

Suasana di tapal batas antara Kabupaten Klungkung dengan Gianyar tampak kumuh dan jadi keluhan warga

Penataan Tahap 1 Anggarkan Rp 2 M, Perbatasan Kabupaten Klungkung-Gianyar Kumuh
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
KUMUH - Suasana di perbatasan Klungkung dan Gianyar di Desa Tusan, Banjarangkan, Klungkung, Bali, Rabu (7/8/2019). Penataan tapal batas dianggarkan Rp 2 miliar untuk tahap pertama. Penataan Tahap 1 Anggarkan Rp 2 M, Perbatasan Kabupaten Klungkung-Gianyar Kumuh 

Penataan Tahap 1 Anggarkan Rp 2 M, Perbatasan Kabupaten Klungkung-Gianyar Kumuh

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Suasana di tapal batas antara Kabupaten Klungkung dengan Gianyar tampak kumuh. Hal ini jadi keluhan warga.

Pemkab Klungkung tahun 2019 ini menganggarkan Rp 2 miliar menata wajah perbatasan yang berlokasi di sisi timur jembatan Tukad Melangit, wilayah Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Bali ini.

"Keasrian lingkungan di tapal batas sangat penting karena menjadi wajah dari suatu kota atau kabupaten. Jadi harus benar-benar diperhatikan,“ ujar warga Banjarangkan Klungkung, Putu Surya, Rabu (7/8/2019).

Penataan taman dan tapal batas antara Kabupaten Klungkung dan Gianyar tersebut memang sudah lama tidak dilakukan.

Saat ini di sekitar tapal batas terdapat bangunan rusak berat tidak terurus yang ditumbuhi semak belukar. Ini yang membuat pemandangan tampak kumuh.

"Penataan perbatasan di wilayah Tusan, Banjarangkan secara keseluruhan sebenarnya habiskan anggaran lebih dari Rp 7 miliar. Jadi kami lakukan bertahap dan tahun ini akan digarap dengan anggaran Rp 2 miliar terlebih dahulu," ujar Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

Penurunan Wisman Sumbang Koreksi Ekonomi Bali, Pertumbuhan Lambat Dibanding Periode Sama Tahun Lalu

Mandala Shoji Tampil Berbeda Setelah Bebas dari Penjara, Begini Pengalamannya di Dalam Lapas

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Wilayah Pemukiman Klungkung, Anak Agung Duarasona menjelaskan, penataan akan difokuskan pada taman di sekitar monumen tapal batas dan pembangunan saluran air di atas tebing di sisi timur tukad melangit.

"Di perencanaan memang penataan secara menyeluruh dan anggarannya lebih dari Rp 10 miliar. Ini sudah termasuk membangun dinding penahan tanah tebing di sisi timur Tukad Melangit, yang kerap longsor. Karena ketersediaan anggaran terbatas, pembangunan dilakukan bertahap," ujar Agung Duarasona.

Rest Area

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved