Antisipasi Ketimpangan Daya Tampung Siswa, Disdik Bangun 6 Unit Kelas di SMAN 1 Denpasar

Disdik Provinsi Bali berupaya mengantisipasi ketimpangan daya tampung siswa SMP yang akan melanjutkan ke SMA pada PPDB tahun berikutnya

Antisipasi Ketimpangan Daya Tampung Siswa, Disdik Bangun 6 Unit Kelas di SMAN 1 Denpasar
Tribun Bali/Wema Satyadinata
Para pekerja sedang menyelesaikan pembangunan Ruang Kelas Baru dan Gedung Prestasi di SMAN 1 Denpasar, Kamis (8/8/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dinas Pendidikan Provinsi Bali berupaya mengantisipasi ketimpangan daya tampung siswa SMP yang akan melanjutkan ke SMA dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun selanjutnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa mengungkapkan berdasarkan data yang ada di Disdik, daya tampung siswa dengan jumlah sekolah di wilayah tertentu tidaklah seimbang.

Ia pun menawarkan sejumlah solusi.

Pertama, pendirian unit sekolah baru (USB). Saat ini Disdik sedang melakukan pengkajian terkait daerah mana yang tepat untuk dibangun USB agar bisa menampung siswa secara merata.

Solusi kedua ialah pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB). Tahun ini telah dibangun 6 unit RKB di SMAN 1 (Smansa) Denpasar.

“Itu sudah direncanakan pada anggaran tahun 2018. Selanjutnya tahun 2019 ini dieksekusi,” kata Boy saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (9/8/2019).

Ketiga, penambahan Rombongan Belajar (Rombel). Menurut Boy, mungkin hal tersebut bertentangan dengan aturan Permendikbud.

Namun ketika dihadapkan pada persoalan keterbatasan daya tampung, maka tentu harus dipikirkan skala prioritasnya.

“Untuk jangka pendek itu mungkin bukan hal yang tepat bagi dunia Pendidikan. Tetapi paling tidak, dengan jalan keluar seperti itu  bisa mengatasi,” ujarnya.

Dan keempat adalah sinergitas dengan sekolah swasta melalui skema pemberian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) daerah untuk siswa sekolah swasta.

Halaman
12
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved