Fasilitas Rudal Artik Rusia Meledak & Tewaskan 5 Orang, Warga Kota Ini Panik Hingga Borong Obat

Kabar mengejutkan datang dari Rusia, setelah fasilitas pengujian rudal Artik meledak dan menewaskan lima orang.

Fasilitas Rudal Artik Rusia Meledak & Tewaskan 5 Orang, Warga Kota Ini Panik Hingga Borong Obat
Shutterstock
Ilustrasi ledakan. 

TRIBUN-BALI.COM, MOSKWA - Kabar mengejutkan datang dari Rusia, setelah fasilitas pengujian rudal Artik meledak dan menewaskan lima orang.

Insiden meledaknya fasilitas pengujian rudal Artik ini diumumkan oleh Badan energi Atom Rusia

Mengutip via Kompas.com, Badan energi atom Rusia mengumumkan insiden ledakan terjadi di sebuah lokasi pengujian rudal Artik pada Kamis (8/8/2019).

Informasi tersebut sedikit berbeda dengan yang disampaikan pihak militer Rusia yang menyebut jumlah korban tewas sebanyak dua orang.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan energi atom negara, Rosatom, mengungkapkan bahwa kecelakaan ledakan tersebut telah menewaskan lima stafnya, serta melukai tiga orang, yang mengalami luka bakar dan cedera lainnya.

Rosatom menyatakan, stafnya yang menjadi korban bertugas memberi dukungan teknis untuk "sumber daya isotop" pada mesin rudal.

Pihak militer tidak menggambarkan insiden ledakan yang terjadi berkaitan dengan bahan bakar nuklir.

Sebelumnya diberitakan, otoritas di kota Nyonoksa, yang terdekat dengan lokasi ledakan, mengatakan bahwa telah terjadi lonjakan tingkat radiasi, tetapi militer membantah.

Dilaporkan bahwa kecelakaan terjadi selama dilakukannya pengujian mesin roket berbahan bakar cair di lokasi pengujian rudal di wilayah Arkhangelsk, dekat dengan Kutub Utara.

"Akibat insiden tersebut, enam staf kementerian pertahanan dan seorang pengembang terluka. Sedangkan dua tenaga spesialis meninggal karena luka-luka mereka," kata Kementerian Pertahanan dalam pernyataannya.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved