Dinas PKP Temukan Telur Cacing pada Hati Sapi Kurban di Masjid Agung Bangli

Pada pemeriksaan pasca kematian (postmortem) tersebut, tim menemukan telur cacing pada hati salah satu hewan kurban sapi

Dinas PKP Temukan Telur Cacing pada Hati Sapi Kurban di Masjid Agung Bangli
Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli
Tim kesehatan hewan ketika melakukan pemeriksaan pada hewan kurban, Minggu (11/8/2019). Dinas PKP Temukan Telur Cacing pada Hati Sapi Kurban di Masjid Agung Bangli 

Dinas PKP Temukan Telur Cacing pada Hati Sapi Kurban di Masjid Agung Bangli

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Tim kesehatan hewan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli mendapati hal mengejutkan saat pemeriksaan hewan kurban, Minggu (11/8/2019).

Pada pemeriksaan pasca kematian (postmortem) tersebut, tim menemukan telur cacing pada hati salah satu hewan kurban sapi.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas PKP Bangli, Sri Rahayu menyebutkan, total terdapat 47 ekor hewan kurban yang diperiksa pada hari raya Idul Adha 2019 ini.

32 ekor di antara 9 ekor sapi dan 23 ekor kambing terdapat di Masjid Agung Bangli.

Sedangkan 15 ekor hewan kurban lainnya, di antaranya 3 ekor sapi dan 12 ekor kambing dari Masjid Al Muhajirin, Kintamani.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, lanjutnya, tim kesehatan hewan menemukan telur cacing pada organ hati salah satu hewan kurban.

“Telur cacing ini ditemukan pada hewan kurban sapi, yang ada di Masjid Agung Bangli. Temuan ini kemungkinan besarnya memang ada. Oleh sebab itu kami lakukan pengawasan agar tidak dikonsumsi, serta kami sarankan untuk dibuang,” katanya.

Sri Rahayu menjelaskan, telur cacing yang ditemukan merupakan jenis cacing hati.

Secara klinis, diakui hewan tersebut tidak dalam kondisi sakit.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved