Idul Adha 2019 - Umat Muslim Diajak Berbagi dan Peduli Sesama Lewat Pemotongan Hewan Kurban

Ribuan umat Islam, Minggu (11/8/2019) pagi, menjalankan salat Ied hari raya Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan Arga Soka (Pegok) Seseta

Idul Adha 2019 - Umat Muslim Diajak Berbagi dan Peduli Sesama Lewat Pemotongan Hewan Kurban
Tribun Bali/Meika Pestaria Tumanggor
Umat Islam menjalankan salat Ied hari raya Idul Adha 1440 Hijriah di lapangan Arga Soka (Pegok) Sesetan, Minggu (11/8/2019). Idul Adha 2019 - Umat Muslim Diajak Berbagi dan Peduli Sesama Lewat Pemotongan Hewan Kurban 

Idul Adha 2019 - Umat Muslim Diajak Berbagi dan Peduli Sesama Lewat Pemotongan Hewan Kurban

Laporan Wartawan Tribun Bali, Meika Pestaria Tumanggor

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ribuan umat Islam, Minggu (11/8/2019) pagi, menjalankan salat Ied hari raya Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan Arga Soka (Pegok) Sesetan, Denpasar, Bali.

Salat yang dimulai pukul 07.00 Wita ini dipimpin oleh Ustaz Ir KH Agus Thoha Al Amnani sebagai Imam dan Khotib.

Dalam ceramahnya, Ustaz Agus Thoha menyampaikan pesan penting bagi umat Islam supaya menjalankan ibadah kurban, yang diwujudkan dengan melakukan pemotongan hewan kurban.

"Selanjutnya hewan kurban ini agar dibagikan kepada orang-orang fakir dan orang-orang miskin. Ini wujud dari perintah Allah, bahwa Islam memperhatikan kaum bawah, kaum fakir dan kaum miskin," kata Ustaz Agus Thoha.

"Karena apa, karena kaum fakir dan miskin ini sesungguhnya memiliki suatu kekuatan yang dahsyat. Yang Baginda Nabi pernah mengatakan, kalau seandainya tidak ada doanya orang-orang fakir dan orang-orang miskin, maka orang-orang kaya akan hancur.

Maka ini adalah untuk menghilangkan sekat antara si miskin dan si kaya. Dengan adanya kurban ini, maka berikanlah makan kepada orang-orang fakir dan orang-orang miskin," ujar Ustaz Agus Thoha.

Sebelum salat dimulai, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Denpasar Selatan (Densel) juga menyampaikan hewan kurban dari masing-masing majelis taklim yang disembelih.

"Dari 15 majelis taklim, terkumpul 77 ekor sapi dan 350 ekor kambing," kata Suhardi Eka Prasetya ketua PHBI Densel.

Suhardi mengatakan Idul Adha kali ini mengangkat tema dengan semangat berkurban kita tingkatkan kepedulian terhadap sesama.

"Dengan tema ini kita mengajak untuk peduli dengan lingkungan sekitar. Hal ini diwujudkan salah satunya dengan akan dibagikan hewan kurban kepada masyarakat muslim dan non muslim. Harapannya agar pada hari yang berbahagia ini, kita semua bisa sama-sama merasakan kebahagiaan dan sama-sama me hewan kurban," kata Suhardi.

(*)

Penulis: Meika Pestaria Tumanggor
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved