Inovasi Tong Sampah Biopori dari KKN-RM Unud untuk Desa Sidemen, Upaya Mengatasi Masalah Sampah

Dalam FGD tersebut ditekankan mengenai penanganan masalah sampah non organik dengan cara mengadakan bank sampah

Inovasi Tong Sampah Biopori dari KKN-RM Unud untuk Desa Sidemen, Upaya Mengatasi Masalah Sampah
Dokumentasi KKN-RM Unud Desa Sidemen
Foto bersama mahasiswa KKN-RM Unud bersama narasumber, Camat, aparat dan masyarakat setelah acara sosialisasi permasalahan kebersihan di Banjar Sidakarya, Desa Sidemen, Karangsem, Jumat, (9/8/2019). Inovasi Tong Sampah Biopori dari KKN-RM Unud untuk Desa Sidemen, Upaya Mengatasi Masalah Sampah 

Inovasi Tong Sampah Biopori dari KKN-RM Unud untuk Desa Sidemen, Upaya Mengatasi Masalah Sampah

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, KARANGASEM - Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Bali, dikenal dengan produk tenun dan minuman tradisionalnya.

Selain itu, desa ini juga memiliki pemandangan yang indah dan menarik sehingga dikenal akan pariwisatanya, baik skala lokal, nasional maupun mancanegara.

Meski dikenal sebagai daerah pariwisata, Desa Sidemen mengalami permasalahan sampah yang belum tertangani dengan baik sampai saat ini.

Menurut pengakuan masyarakat setempat, permasalahan tersebut tidak tertangani karena belum adanya tempat pembuangan sampah setempat.

Terlebih, Desa Sidemen juga mendapat sampah kiriman yang berasal dari daerah hulu.

Guna menjawab persolan ini, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Revolusi Mental Universitas Udayana (KKN-RM Unud) Tahun 2019, mengadakan acara mengangkat tema permasalahan kebersihan yang ada di Desa Sidemen.

Acara sosialisasi yang dilaksanakan di Banjar Sidakarya, Desa Sidemen pada Jumat (9/8/2019) kemarin itu diadakan dengan sistem Focus Group Discussion (FGD).

Dalam FGD tersebut ditekankan mengenai penanganan masalah sampah non organik dengan cara mengadakan bank sampah, dan penanganan masalah sampah organik dengan cara mengolah menggunakan alat yang didesain untuk menguraikan sampah organik yang hemat tempat dan praktis.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved