Makna Idul Adha 2019 Bagi Umat Islam yang Merayakan

Ustaz Agus Thoha mengatakan Idul Adha memiliki makna ibadah yang mengarah pada mendekatkan diri umat kepada Allah sebagai Tuhannya

Makna Idul Adha 2019 Bagi Umat Islam yang Merayakan
Tribun Bali/Meika Pestaria Tumanggor
Umat Islam menjalankan salat Ied hari raya Idul Adha 1440 Hijriah di lapangan Arga Soka (Pegok) Sesetan, Minggu (11/8/2019). Makna Idul Adha 2019 Bagi Umat Islam yang Merayakan 

Makna Idul Adha 2019 Bagi Umat Islam yang Merayakan

Laporan Wartawan Tribun Bali, Meika Pestaria Tumanggor

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ribuan umat Islam, Minggu (11/8/2019) pagi, menjalankan salat Ied hari raya Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan Arga Soka (Pegok) Sesetan.

Salat yang dimulai pukul 07.00 Wita ini dipimpin oleh Ustaz Ir KH Agus Thoha Al Amnani sebagai Imam dan Khotib.

Ustaz Agus Thoha mengatakan Idul Adha memiliki makna ibadah yang mengarah pada mendekatkan diri umat kepada Allah sebagai Tuhannya.

Hal yang harus dilakukan umat adalah ketakwaan dalam menjalankan perintah.

"Orang kalau takwa, taat, maka perintah yang diperintahkan Tuhannya akan dijalankan. Nah, ibadah kurban ini salah satunya adalah ibadah yang mengarah pada pendekatan kepada Tuhan," kata Ustaz Agus Thoha.

Ustaz Agus Thoha melanjutkan, berkurban dilaksanakan bagi orang yang sudah memiliki keleluasaan, kelebihan rezeki atau bagi orang yang mampu.

"Kalau yang tidak mampu ini tidak diwajibkan. Makanya kurban ini sebenarnya tidak wajib bagi umat Islam, tapi karena sudah mendekati wajib maka disebut sunah yang dikukuhkan. Kalau orang tersebut sudah memiliki keleluasaan dan kelebihan rezeki tapi tidak mau mengeluarkan kurban, maka orang tersebut sungguh mengingkari nikmat Allah," ujar Ustaz Agus Thoha.

Bagi umat Islam, Ustaz Agus Thoha juga berpesan supaya menjalankan ibadah Idul Adha 2019 berdasarkan ketakwaan dan keikhlasan.

"Mari kita menjalankan ibadah ini atas dasar ketakwaan dan keihklasan, karena yang sampai ke Allah bukan daging kurbannya, bukan darah kurbannya. Tapi yang sampai ke Allah adalah ketakwaan dari hamba yang menjalankan ibadah tersebut," ujar Ustaz Agus Thoha.

(*)

Penulis: Meika Pestaria Tumanggor
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved