Miliki dan Kuasai Sabu-sabu 93,50 Gram Dituntut 14 Tahun Penjara, Sutresno Ajukan Pembelaan

Sutresno dituntut 14 tahun penjara terkait kepemilikan narkotik jenis sabu-sabu sebanyak 93,50 gram

Miliki dan Kuasai Sabu-sabu 93,50 Gram Dituntut 14 Tahun Penjara, Sutresno Ajukan Pembelaan
Tribun Bali/Dwi S
Ilustrasi narkoba jenis sabu-sabu. Miliki dan Kuasai Sabu-sabu 93,50 Gram Dituntut 14 Tahun Penjara, Sutresno Ajukan Pembelaan 

Miliki dan Kuasai Sabu-sabu 93,50 Gram Dituntut 14 Tahun Penjara, Sutresno Ajukan Pembelaan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sutresno tertunduk lesu usai menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Senin (12/8/2019).

Ia dituntut pidana 14 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Sutresno dituntut terkait kepemilikan narkotik jenis sabu-sabu sebanyak 93,50 gram.

Menanggapi tuntutan jaksa, terdakwa melalui tim penasihat hukumnya dari Pos Bantuan Hukum (PBH) Peradi Denpasar, akan mengajukan pembelaan (pledoi) tertulis.

"Yang Mulia, setelah mendengar tuntutan jaksa dan berdiskusi dengan terdakwa kami akan mengajukan pledoi tertulis," ujar Fitra Octora selaku anggota tim penasihat hukum terdakwa kepada majelis hakim pimpinan Dewa Budi Watsara. Sehingga sidang kembali dilanjutkan pekan depan.

Sementara itu, Jaksa I Kadek Topan Adhi Putra dalam surat tuntutan yang dibacakan di muka persidangan menyatakan, terdakwa secara sah terbukti dan meyakinkan bersalah tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotik golongan I bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram. Oleh karena itu ia dijerat Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotik. Sebagaimana dakwaan alternatif kedua.

"Menuntut, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Sutresno dengan pidana penjara selama 14 tahun, dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara. Dan pidana denda Rp 1 miliar, subsider enam bulan penjara," tegasnya.

Diungkap dalam surat dakwaan jaksa, terdakwa Sutresno ditangkap pada Sabtu (19/3/2019), di kamar kos yang beralamat di Jalan Himalaya II No.10, Pemecutan Kaja, Denpasar Barat.

Penangkapan yang dilakukan oleh petugas kepolisian Polda Bali itu berawal dari informasi masyarakat.

Setelah mengantongi identitas terdakwa, petugas kemudian melakukan pengerebekan di lokasi tersebut.

Berhasil mengamankan terdakwa, selanjutnya dilakukan penggeledahan.

Saat dilakukan pengeledahan di kamar terdakwa ditemukan 4 plastik klip berukuran sedang masing-masing berisi sabu dengan berat keseluruhan 93,50 gram netto.

"Barang-barang tersebut diterima terdakwa dari seseorang yang mengaku temannya bernama Sudiman alias Mail yang beralamat di Jember, Jawa Timur. Barang tersebut diterima di depan pompa bensin Jalan Buluh Indah Denpasar," beber Jaksa Tofan kala itu.

(*)

Penulis: Putu Candra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved