BPJS Kesehatan

Berpartisipasi dalam Acara Roadshow Bus KPK di Bangli, BPJS Kesehatan Gelar MCS

Layanan MCS ini sangat dimanfaatkan oleh masyarakat, hal ini tampak dari kunjungan ke stand BPJS Kesehatan yang cukup banyak

Berpartisipasi dalam Acara Roadshow Bus KPK di Bangli, BPJS Kesehatan Gelar MCS
BPJS Kesehatan
Kegiatan Mobile Customer Service (MCS) dalam rangka Roadshow Bus KPK 2019 “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” di Kabupaten Bangli tanggal 8-9 Agustus 2019. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Dalam rangka kegiatan Roadshow Bus KPK 2019 “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” di Kabupaten Bangli tanggal 8-9 Agustus 2019, Pemerintah Kabupaten Bangli mengundang BPJS Kesehatan untuk ikut mengisi pelayanan publik BPJS Kesehatan.

Menyikapi hal tersebut Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bangli, Ni Made Ariani menggelar kegiatan Mobile Customer Service (MCS) di tempat berlangsungnya kegiatan yaitu di Desa Penglipuran Bangli.

“Sebagai bentuk komitmen kami dalam menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kami akan selalu bersinergi dengan Pemkab. Ini adalah salah satu bentuk kegiatan yang kami laksanakan bersama instansi layanan publik lainnya agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih efektif dan efisien," ungkap Ariani saat ikut memberi layanan MCS bersama stafnya.

Menurut Ariani, Layanan MCS ini sangat dimanfaatkan oleh masyarakat, hal ini tampak dari kunjungan ke stand BPJS Kesehatan yang cukup banyak, rata-rata mereka mengakses informasi berkaitan dengan mekanisme pelayanan, pencetakan kartu, perbaikan data hingga iuran.

MCS ini juga menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat tentang JKN-KIS. Dalam MCS ini juga dibuka Anjungan Mobile JKN yang bertujuan untuk mengajak peserta JKN-KIS untuk memanfaatkan secara maksimal aplikasi Mobile JKN.

Ariani memandang bahwa masyarakat sebenarnya sangat membutuhkan kegiatan seperti ini terutama bagi mereka yang berada di pedesaan sehingga dapat terjangkau hingga ke pelosok, selain itu keterbatasan waktu peserta untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan manjadi salah satu alasan penghambat informasi terkait JKN-KIS.

Oleh sebab itu Ariani sering menegaskan kepada pihak desa di Bangli untuk dapat mengundang BPJS Kesehatan apabila terdapat kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak.

“MCS ini adalah bentuk kegiatan “Jemput Bola” kami ke masyarakat. Pada momen ini juga kami mengutamakan sosilisasi Mobile JKN agar masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan, mengantre dan menyita banyak waktu bagi mereka yang memiliki kesibukan tinggi, kami harap MCS ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan memberikan manfaat yang dibutuhkan,” lanjut Ariani.

Sementara itu Tim Jamkesnews juga mewawancarai salah satu peserta kegiatan Roadshow Bus KPK ini yaitu Negah Suarni yang merpakan pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangli.

Ketika ditanya mengenai kegiatan MCS ini, ia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat karena JKN-KIS ini merupakan salah satu program yang sangat-sangat dibutuhkan oleh sluruh masyarakat sehingga akses informasipuin harus mudah dilakukan.

“Kegiatan MCS yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan sangat bagus, masyarakat sudah sangat dimudahkan, oleh karena itu masyarakat harus peduli dengan program ini, apalagi JKN-KIS ini merupakan program wajib sesuai dengan Undang-Undang dan sudah terbukti banyak masyarakat yang memanfaatkan dan terbantu dari segi biaya pengobatan,” tegasnya.

Setelah di Kabupaten Bangli, kegiatan Roadshow Bus KPK ini akan dilanjutkan ke Kabupaten Gianyar.

BPJS Kesehatan juga akan ikut ambil bagian lagi melalui MCS ini, terlebih lagi di Kabupaten Gianyar baru-baru ini telah dilakukan pemutusan kerja sama JKN-KIS bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD sharing Provinsi dan Kabupaten Gianyar.

MCS BPJS Kesehatan juga rutin dilaksanakan pada kegiatan Pemkab lainnya. (*)

Editor: Widyartha Suryawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved