Tarian Bumbung Gebyog Potensi Desa Adat Pinge, Begini Rancangan Promosi ITDC

Desa Adat Pinge berpenduduk 818 jiwa dari 163 KK dan terdiri dari 5 Banjar Dinas yaitu Banjar Dinas Baru, Banjar Dinas Raden, Banjar Dinas Susut

Tarian Bumbung Gebyog Potensi Desa Adat Pinge, Begini Rancangan Promosi ITDC
TRIBUN BALI/ZAENAL NUR ARIFIN
Tari-tarian tradisional khas Desa Adat Pinge yakni Tarian Bumbung Gebyog. Tarian ini pada awalnya merupakan tarian sakral dan hanya boleh ditarikan oleh gadis yang belum datang bulan. 

Tarian Bumbung Gebyog Potensi Desa Adat Pinge, Begini Rancangan Promosi ITDC

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali akan membantu melakukan pembinaan kepada Desa Wisata Pinge, Marga, Tabanan.

Hal ini dan tak lain untuk meningkatkan pariwisata Bali, khususnya desa wisata berbasis budaya tanpa menyampingkan konsep Tri Hita Karana yang dapat menjadi pilihan turis saat berlibur ke Pulau Dewata.

“Satu di antara yang kita fokuskan adalah Desa Adat Pinge melakukan peningkatan menjadi Desa Wisata."

"Kita akan mengundang nantinya dalam membicarakan konsep Desa Adat Wisata seperti apa. Sehingga hasilnya jelas kedepannya,” ujar Managing Director The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita, saat media gathering, beberapa hari lalu.

Selain itu ITDC akan memromosikan mengenai Desa Wisata Pinge di hotel-hotel kawasan The Nusa Dua.

Sehingga kedepannya semakin dikenal wisatawan yang berlibur ke Bali memiliki pilihan destinasi baru untuk wisata budaya.

“Selain apa yang sudah ada, kedepannya akan didiskusikan apa yang akan dijual. Kita harus melakukan manajemen dengan baik,” imbuhnya.

Menurutnya, infrastruktur dasar sudah luar biasa di Desa Adat Pinge, kedepannya akan dibantu ditingkatkan ITDC.

“Dari hal dasar sisi infrastruktur dan kelengkapan, di sini sudah baik. Tapi, kita perlu tingkatkan, dan konsep Tri Gita Kirana juga memenuhi."

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved