Anak Agung Gde Anom Pimpin DPRD Klungkung

Paripurna peresmian, pengangkatan, dan pengucapan sumpah/janji DPRD Klungkung periode 2019-2024 dihadiri langsung Bupati Nyoman Suwirta

Anak Agung Gde Anom Pimpin DPRD Klungkung
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Anak Agung Gde Anom Pimpin DPRD Klungkung 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA- Rapat paripurna peresmian, pengangkatan, dan pengucapan sumpah/janji DPRD Klungkung periode 2019-2024 dilaksanakan di Balai Budaya Ida I Dewa Istri Kanya, Rabu (14/8). Dalam kesempatan tersebut, politisi senior PDIP AA Gde Anom dipercaya menjadi pemimpin sementara DPRD Klungkung. Ketua DPC PDIP Klungkung tersebut juga menjadi calon terkuat Ketua definitif DPRD Klungkung periode 2019-2024, menggantikan politisi Gerindra I Wayan Baru.

Paripurna peresmian, pengangkatan, dan pengucapan sumpah/janji DPRD Klungkung periode 2019-2024 dihadiri langsung Bupati Nyoman Suwirta, Wabup Made Kasta, anggota dewan terpilih periode 2019-2024, beberapa anggota dewan periode sebelumnya yang tidak menjabat di periode berikutnya, serta undangan dari berbagai itansi dan tokoh masyarakat. Acara diawali dengan sambutan Sekwan Klungkung, I Wayan Sudiarta lalu dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Bali Wayan Koster yang dibacakan Bupati Suwirta. Lalu dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD terpilih.

Berdasarkan SK Gubernur yang dibacakan Sekwan I Wayan Sudiarta, anggota dewan terpilih dari PDIP AA Gde Anom dipercaya menjadi Ketua DPRD sementara..

" Nanti agenda selanjutnya, Ketua Dewan sementara akan memimpin rapat intern terkait alat kelengkapan dewan, tata tertib dewan, dan pembentukan fraksi," ujar Wayan Sudiarta.

Nantinya Ketua DPRD sementara akan menjabat selama sebulan, sebelum terpilihnya Ketua Definitif. Namun demikian, AA Gde Anom juga sebagai calon terkuat Ketua DPRD definitif periode 2019-2024.  Mengingat partai PDIP yang ia nahkodai di Klungkung, berhasil menduduki kursi terbanyak di parlemen periode ini. Sementara wakil ketua akan diduduki oleh  Wayan Baru dari Partai Gerindra, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Klungkung. Sementara satu kursi di posisi Wakil DPRD Klungkung akan diisi oleh kader partai Golkar

" Kami sudah bersurat  ke partai untuk minta pimpinan. Setelah ada jawaban, kami sampaikan saat paripurna," ungkap Wayan Sudiarta.

Sementara AA Gde Anom ketika diwawancara, mengaku akan segera rapat untuk pembentukan fraksi, menentukan Badan Kehormatan Dewan, termasuk komisi.

" Minggu ini minimal pembentukan alat kelengkapan dewan harus sudah selesai," ungkap AA Gde Anom

Sementara terkait penentuan Ketua Dewan definitif, hal itu akan diputuskan secepatnya.

" Surat dari Partai Gerindra sudah kami terima, tinggal menunggu surat dari Golkar saja siapa yang akan ditunjuk," ungkap AA Gde Anom.

Rapat paripurna peresmian, pengangkatan, dan pengucapan sumpah/janji DPRD Klungkung periode 2019-2024 tersebut, setiap anggota dewan terpilih mengenakan pakaian adat. Hal ini dikarenakan waktu pelantikan, bertepatan dengan HUT Provinsi  Bali. Meskipun Sekretariat Dewan memfasilitasi udeng dan salut bagi setiap anggota dewan, namun tidak semua anggota dewan kompak menggenakannya. Udeng anggota dewan justru warna warni dam bervariatif, misal dewan dari PDIP, Nasdem, dan Hanura  yang kompak menggenakan udeng dan saput warna merah, Gerindra menggenakan udeng dan saput kuning. Sementara Golkar kompak mengenakan udeng putih.

Adapun anggota dewan terpilih yang dilantik berjumlah tiga puluh orang, antara lain PDIP  memperoleh 9 kursi, untuk di Dapil Klungkung yang ditetapkan Anak Agung Gde Anom, Ni Ketut Sukarni, Komang Sutama,  Nengah Ariyanta dan I Nengah Ary Priadnya. Sang Nyoman Putra Yasa, I Made Satria,  Ni Ketut Suwerni,  Wayan Misna.

Gerindra memperoleh 8 kursi, yakni Anak Agung Gde Sayang Suparta, Ni Nyoman Martini, Nengah Mudiana, I Komang Suantara, I Wayan Widiana,   I Wayan Baru, I Ketut Gunaksa, I Wayan Suarta.

Golkar, 3 kursi,  I Kadek Widya Sumartika,  I Wayan Mardana, Cokorda Gede Agung. Partai Hanura 3 kursi, anatara lain Putu Sri Handayani,  Wayan Buda Parwata, Luh Andriani.

Nasdem 3 kursi, yakni Sukma Sucita,  Ida Ayu Made Gayatri,  Wayan Mudayana, Demokrat, 2 kursiGde Artison Andarawa, I Made Jana,  Perindo 1 kursi,  Nyoman Mujana. PKPI 1 kursi,  Nyoman Sukirta. (Mit)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved