Hari Pramuka

Hari Pramuka ke-58, Budi Waseso: Gerakan Pramuka Harus Bisa Memberantas Narkoba

Hari Pramuka (Praja Muda Karana) ke-58 tahun diperingati pada hari ini, Rabu (14/8/2019).

Hari Pramuka ke-58, Budi Waseso: Gerakan Pramuka Harus Bisa Memberantas Narkoba
(ANTARA FOTO/JOJON)
Ketua Kwartir Nasional Pramuka 2018-2023, Budi Waseso memberikan keterangan pers usai terpilih menjadi Ketua Kwarnas Pramuka, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (28/9/2018). Budi Waseso (Buwas) terpilih menjadi Ketua Kwarnas Pramuka periode 2018-2023, pada Musyawarah Nasional (Munas) X Gerakan Pramuka, setelah memperoleh 19 suara, unggul dari calon incumbent Adhyaksa Dault yang memperoleh 14 suara dan calon lainnya Jana T. Anggadiredja 2 suara. 

TRIUN-BALI.COM - Hari Pramuka (Praja Muda Karana) ke-58 tahun diperingati pada hari ini, Rabu (14/8/2019).

Pada acara ulang janji Pramuka dalam rangka memperingati Hari Pramuka, Selasa (13/8/2019), Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso menyampaikan beberapa pesan.

Salah satu pesan Budi Waseso, gerakan Pramuka harus bisa memberantas narkoba.

"Gerakan Pramuka sedianya harus bisa memberantas narkoba yang begitu marak dan merusak generasi muda bangsa," ujar Budi dalam sambutannya di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

Pada acara tersebut, mewakili Majelis Pembimbing Cabang Pramuka, Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Tanjungbalai Provinsi Sumatera Utara, Muhammad Syahrial, mengatakan, Mabicad di berbagai kabupaten dan kota ingin menggelorakan Pramuka sebagai aset bangsa yang harus dilestarikan.

Menurut Syahrial, pembentukan karakter diri sendiri yang ditanamkan di Pramuka memiliki tatanan dan norma kehidupan bagi generasi muda yang harus dilestarikan.

"Seperti yang diinginkan pendahulu-pendahulu Pramuka yang ada di seluruh kabupaten dan kota agar bisa ditiru," kata Syahrial.

Dalam beberapa kasus, ia mengingatkan, Pramuka juga bisa ambil bagian.

Misalnya, dalam kasus kebakaran hutan dan lahan, Pramuka bisa berperan menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya.

Hal ini dinilainya bagian dari menjaga marwah Pramuka dalam bidang sosial dan berkontribusi membantu kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan ini, Syahrial dan Wali Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara, mendapatkan penghargaan Lencana Melati karena dianggap berprestasi.

Lencana ini merupakan salah satu bentuk lencana jasa yang merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa di dalam dan di luar Gerakan Pramuka.

Acara hari ulang janji Pramuka ini dihadiri sejumlah kepala daerah baik Gubernur, Wali kota, dan juga ketua Mabicab. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Pramuka, Ini Pesan Ketua Kwarnas Budi Waseso", .

Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved