Ketatkan Aturan Penggunaan Kantong Plastik di Denpasar, Akan Ada Tim Yang Turun ke Rumah Tangga

Menurut Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, hal ini dikarenakan ada pedagang yang tidak sekolah.

Ketatkan Aturan Penggunaan Kantong Plastik di Denpasar, Akan Ada Tim Yang Turun ke Rumah Tangga
hindustantimes.com via Grid.ID
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ada beberapa hal yang menyebabkan kurangnya pemahaman pedagang pasar rakyat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Menurut Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, hal ini dikarenakan ada pedagang yang tidak sekolah.

Adapula yang bersekolah hanya setengah-setengah.

"Ada yang tamat nganggur, ada nggak tamat. Juga berkilah kalau tidak pakai plastik rugi saya tidak ada yang belanja lagi karena tidak menyediakan plastik," kata Rai Mantra saat diskusi di Rumah Sanur, Rabu (14/8/2019) siang.

Ada pula yang beralasan tidak mungkin cabai bawang dicampur pada satu tas sehingga harus dibedakan dengan kantong plastik.

"Sehingga kami akan memberikan pembelajaran ke pedagang tradisional agar pakai koran untuk bungkus cabai nanti baru dimasukkan ke tas," katanya.

Selain itu ia juga meminta DLHK agar membuat desain tas belanja yang ada kotak-kotaknya sehingga bisa dibagi-bagi.

Rai Mantra mengatakan saat ini penurunan penggunaan kantung plastik untuk toko medern dan pusat perbelanjaan sebesar 99.16 persen, pasar rakyat hanya 54.26 persen srdangkan untuk toko/warung usaha lainnya sebesar 86.36 persen.

Rai Mantra juga mengatakan akan ada tim yang turun ke tingkat rumah tangga untuk monitoring pengurangan penggunaan kantong palstik.

Sementara itu untuk siswa yang memiliki poin bagus dalam bank sampah akan mendapatkan tambahan nilai untuk pelajaran PPKn dan IPA.

"Saat ini MKKS masih melakukan rapat terkait penilaian ini. Akan ada pemberiam nilai untuk mapel PPKn, IPA dan mapel lain yang berkaitan," katanya. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved