Kini Petugas Imigrasi Kenakan Udeng & Selendang di TPI Ngurah Rai Ketika Bertugas

Petugas laki-laki yang bertugas mengenakan udeng (ikat kepala), sedangkan petugas perempuan mengenakan selendang dan mesumpang

Kini Petugas Imigrasi Kenakan Udeng & Selendang di TPI Ngurah Rai Ketika Bertugas
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Petugas Imigrasi mengenakan udeng dan selendang di counter TPI Ngurah Rai saat bertugas melakukan pengecekan dokumen keimigrasi wisman. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Per tanggal 14 Agustus 2019 kemarin, penampilan beda terlihat di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Ngurah Rai.

Petugas laki-laki yang bertugas mengenakan udeng (ikat kepala), sedangkan petugas perempuan mengenakan selendang dan mesumpang (menyelipkan pucul bunga di telinga).

Udeng dan selendang tersebut sudah diseragamkan pihak Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Ngurah Rai.

Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi Ngurah Rai, Hajar Aswad mengatakan penerapan penggunaan udeng dan selendang ini untuk memperingati HUT ke-61 Provinsi Bali pada 14 Agustus 2019 kemarin.

Termasuk juga dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 yang diperingati tiap tanggal 17 Agustus.

Selain itu merujuk pada Instruksi Gubernur Nomor 2231 tahun 2018 yang berisi panduan teknis pelaksanaan hari penggunaan busana adat Bali.

Instruksi itu turun sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 tahun 2018 tentang hari penggunaan busana adat Bali secara serentak di seluruh Bali.

“Memperingati HUT Provinsi Bali dan HUT RI, segenap jajaran Imigrasi atas saran Kepala Kantor berinisiasi mengenakan busana adat Bali khususnya udeng bagi petugas laki-laki dan selendang serta bunga bagu petugas perempuan,” ujar Hajar Aswad, Kamis (15/8/2019).

Ia menambahkan penggunaan ini dilakukan selama petugas bertugas di counter TPI Ngurah Rai, dan selepas bertugas dapat melepas udeng maupun selendangnya.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved