Menurut Netizen, Dua Orang Menteri Ini Paling Layak Dipertahankan Presiden Jokowi

Menteri Keuangan Sri Mulyani serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi menteri yang paling layak dipertahankan versi

Menurut Netizen, Dua Orang Menteri Ini Paling Layak Dipertahankan Presiden Jokowi
KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 

Menurut Netizen, Dua Orang Menteri Ini Paling Layak Dipertahankan Presiden Jokowi

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA- Menteri Keuangan Sri Mulyani serta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi menteri yang paling layak dipertahankan versi netizen Facebook berdasarkan data Indonesia Indicator yang dirilis pada Kamis (15/8/2019).

Data ini berdasarkan unggahan perbincangan netizen di Facebook pada Juli 2018-Juli 2019, atau berdekatan dengan waktu pembentukan kabinet Presiden Joko Widodo II.

Dalam rentang setahun, muncul 55.848 unggahan perbincangan tentang menteri Kabinet Kerja dari 15.548 akun organik (bukan robot).

"Secara eksplisit dan spesifik sebanyak 241 posting-an meminta Sri Mulyani dipertahankan, sedangkan Susi 102 posting-an," kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator melalui pesan singkat, Kamis (15/8/2019).

Dari jumlah tersebut, nama Sri Mulyani diperbincangkan 6.152 kali dalam setahun terkait kebijakan dan personalitasnya.

Hasil Tira Persikabo vs Bali United, Serdadu Tridatu Menang 2-1 dan Pimpin Klasemen Liga 1

Selebgram Seksi Australia Ngaku Diperas Rp 382 Juta di Bali, Polisi dan Pengacara Buka Suara

Beberapa hal terkait Sri Mulyani yang diperbincangkan positif oleh netizen ialah saat ia ditetapkan sebagai Menteri Keuangan terbaik se-Asia Pasifik.

Adapun Sri Mulyani diperbincangkan negatif oleh netizen lantaran utang luar negeri yang bertambah. Ada 48,15 persen sentimen positif terkait Sri dari total perbincangan mengenai kebijakannya.

Sementara itu, 38,78 persen unggahan mengenai kebijakannya bernada negatif dan 13,07 persen bernada netral.

Terkait Susi, ada 3.077 unggahan netizen Facebook. Dari unggahan itu, 70,52 persennya merupakan sentimen positif, sedangkan 17,97 persen unggahan mengenai kebijakannya bernada negatif, dan 11,50 persen bernada netral.

Rustika menyampaikan, baik Susi maupun Sri Mulyani paling banyak diminta untuk dipertahankan lantaran kinerjanya yang apik serta berkarakter di mata netizen Facebook.

Inilah Tujuh Orang Menteri yang Populer di Kabinet Jokowi, Susi Pudjiastuti Nomor Satu

Penabrak Ni Wayan Sumetri Ditangkap, Dewa Bagus Ngaku Tabrak Sesuatu, Ini Penjelasan Lengkapnya

"Kinerja Sri Mulyani yang dinilai positif antara lain penerimaan negara yang melampaui target, kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS), pengembalian saham PT Freeport Indonesia ke pemerintah, penyelamatan uang negara dari perusahaan milik Tommy Suharto," tutur Rustika.

"Sementara Susi Pudjiastuti tegas dalam menjaga kedaulatan wilayah perairan laut Indonesia dari illegal fishing, sehingga Indonesia menjadi salah satu eksportir ikan besar dunia dan menyelamatkan potensi hasil laut bernilai triliunan rupiah," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti, Menteri yang Dinilai Paling Layak Dipertahankan Versi Netizen

Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved