45 Anggota DPRD Buleleng Priode 2019-2024 Dilantik

Dari 45 anggota yang dilantik, 32 orang diantaranya merupakan wajah lama, yang berhasil terpilih kembali

45 Anggota DPRD Buleleng Priode 2019-2024 Dilantik
Tribun Bali / Ratu Ayu Astri Desiani
45 anggota DPRD Buleleng terpilih, periode 2019-2024 resmi dilantik di ruang sidang utama DPRD Buleleng, Kamis (15/8/2019) 

TRIBUN-BALI.COM - Sebanyak 45 anggota DPRD Buleleng terpilih, periode 2019-2024 resmi dilantik di ruang sidang utama DPRD Buleleng, Kamis (15/8/2019).

Dalam pelantikan ini, disepakati DPRD Buleleng dipimpin sementara oleh Gede Supriatna politisi dari PDIP, serta didampingi Ketut Susila Umbara dari Partai Golkar.

Dari 45 anggota yang dilantik, 32 orang diantaranya merupakan wajah lama, yang berhasil terpilih kembali dalam pemilihan legislatif 17 April 2019 lalu.

Sementara 13 sisanya, merupakan pendatang baru dari berbagai partai pemenang.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, diawali dengan prosesi mejaya-jaya yang dipuput oleh Ida Pedanda Mas Widiya Putra dari Geria Taman Mas Liligundi Singaraja.

Mejaya-jaya dilaksanakan di pura Padmasana Sekretariat DPRD Buleleng, kemudian dilanjutkan dengan acara pengucapan Sumpah Janji dan Pelantikan yang didipimpin Ketua Pengadilan Negeri Singaraja, I Wayan Sukanila.

Turut hadir menyaksikan pelantikan, Bupati dan Wakil Bupati Buleleng.

Gede Supriatna disepakati memimpin DPRD Buleleng untuk sementara waktu, atas peraturan dan mekanisme yang ada.

Sebab partai berlogo banteng itu berhasil memperoleh suara terbanyak. Sementara Partai Golkar berada di urutan ke dua.

Ketua Sementara DPRD Buleleng, Gede Supriatna mengatakan, sembari menunggu Surat Keputusan (SK) dari partai dan Gubernuf Bali, terkait pelantikan pimpinan definitif, pihaknya segera membentuk tata tertib. Sebab selama ini, sebut Supriatna, pihaknya hanya mengacu pada PP No 12. 

"Belum ada peraturan baru, tentang regulasi yang mengatur tentang tata tertib. Nanti akan kami koordinasikan dengan provinsi apakah ada aturan terbaru terkait pembentukan itu, untuk mengganti PP 12. Kalau tidak ada, tentu kami akan mengacu pada PP 12 dan tatib yang sudah ada. Nanti tinggal disepakati apakah akan ada revisi atau tidak," jelasnya.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengucapkan selamat kepada anggota DPRD Buleleng yang sudah dilantik.

Ia berharap para anggota dewan dapat bekerjasama dengan pemerintah untuk membangun Buleleng ke arah yang lebih baik.

"Mari jadikan lembaga ini bekerja untuk kepentingan rakyat, bukan hanya mewakili politik saja. Bangun Bali bersama-sama, saling menguatkan lah," ucapnya. (adv/rtu)

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved