Dihadapan DPR, Jokowi Kritisi Jajarannya Soal Studi Banding ke Luar Negeri, Begini Sebutnya

Joko Widodo memberi hormat sebelum menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR , Senayan, Jakarta,

Dihadapan DPR, Jokowi Kritisi Jajarannya Soal Studi Banding ke Luar Negeri, Begini Sebutnya
SIGID KURNIAWAN
Presiden Joko Widodo memberi hormat sebelum menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Jokowi secara blak-blakan mengingatkan jajarannya dieksekutif bahwa penggunaan anggaran untuk studi banding ke luar negeri sudah tak relevan.

Pasalnya, di era yang teknologi modern kini berbagai informasi bisa didapat lewat ponsel pintar. 

Dilansir via Kompas.com, Jokowi mencontohkan soal penggunaan anggaran untuk studi banding ke luar negeri.

Ia menilai studi banding ke negeri orang di era teknologi saat ini sudah tidak relevan. Sebab, berbagai informasi bisa didapat lewat ponsel pintar.

"Saya ingatkan kepada jajaran eksekutif agar lebih efisien. Untuk apa studi banding jauh-jauh sampai ke luar negeri padahal informasi yang kita butuhkan bisa diperoleh dari smart phone kita," kata Jokowi saat berpidato di sidang bersama DPR-DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

"Mau ke Amerika, di sini (menunjukkan handphone) komplit ada semuanya. Mau ke Rusia, mau ke Jerman, di sini ada semuanya," kata Jokowi sambil mengangkat handphone yang dia bawa.

Jokowi menegaskan, realisasi anggaran bukan diukur dari seberapa banyak anggaran yang telah dibelanjakan.

Tetapi diukur dari seberapa baik pelayanan kepada masyarakat, seberapa banyak kemudahan diberikan kepada masyarakat.

Ukuran akuntabilitas pemerintahan jangan dilihat dari seberapa banyak formulir yang diisi dan dilaporkan tetapi seberapa baik produk yang telah dihasilkan.

"Anggaran negara harus sepenuhnya didedikasikan untuk rakyat. Pemanfaatan teknologi terbaru telah membuka peluang untuk mempermudah hal-hal yang dulu sulit, untuk mempermurah hal-hal yang dulu mahal, dan mempercepat hal-hal yang dulu lamban dan lama," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Untuk Apa Studi Banding ke Luar Negeri, Bisa Lewat Smart Phone",

(Ihsanuddin)

Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved