HUT KE 74 RI di Bali

Donor Darah Jadi Cara Rayakan HUT Ke-74 RI, Prihatin Rumah Sakit Selalu Kurang Stok Darah

Menyambut HUT KE-74 RI, anggota dari Forum Bela Negara (FBN) Bali bersama dengan Komunitas Cinta Kain Bali (KCKB) melakukan kegiatan donor darah

Donor Darah Jadi Cara Rayakan HUT Ke-74 RI, Prihatin Rumah Sakit Selalu Kurang Stok Darah
TRIBUN BALI/KARSIANI PUTRI
Menyambut HUT ke 74 RI, anggota dari Forum Bela Negara (FBN) Bali bersama dengan Komunitas Cinta Kain Bali (KCKB) melakukan kegiatan donor darah bertempat di RS Sanglah Denpasar, Bali pada Jumat (16/8/2019) 

Donor Darah Jadi Cara Rayakan HUT Ke-74 RI, Prihatin Rumah Sakit Selalu Kurang Stok Darah

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Menyambut HUT KE-74 RI, anggota dari Forum Bela Negara (FBN) Bali bersama dengan Komunitas Cinta Kain Bali (KCKB) melakukan kegiatan donor darah bertempat di RS Sanglah Denpasar, Bali pada Jumat (16/8/2019).

KCKB merupakan sebuah komunitas yang fokus dalam melestarikan dan mensosialisasikan kain tradisional Bali.

"Kegiatan ini memang rutin kami laksanakan saat menyambut Hari Kemerdekaan RI dan sebagai wujud sumbangsih komunitas kami untuk bangsa dan negara," ucap Ketua KCKB, Sandra Kartika ketika ditemui dalam kegiatan donor darah tersebut.

Ketua Forum Bela Negara (FBN), Agustinus Nahak menambahkan, mendonorkan darah sebagai wujud bela negara dan setetes darah sangatlah berarti untuk kemanusiaan.

"Maka kami mengimbau seluruh anggota kami agar rajin dan rutin melakukannya. Data WHO menunjukkan bahwa kebutuhan darah di Indonesia per tahun mencapai sekitar 5,1 juta kantong darah. Sementara yang terpenuhi hanya sekitar 4,2 juta kantong darah," ujarnya.

Penasehat FBN, Dedi Ruslan, menyebut banyak rumah sakit yang masih sering mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah.

Kurangnya ketersediaan darah diperkirakan merupakan akibat dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

Ia menyebutkan bahwa manfaat mendonorkan darah tidak hanya dirasakan oleh penerima donor saja melainkan juga pendonor.

"Kedepan kami akan lebih fokus untuk melakukan kegiatan sosial kemanusiaan di Bali sekaligus menjadi mitra pemerintah di berbagai bidang terutama untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi," ungkapnya. (*)

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved