Mengembalikan Kesucian Pura Beji Monkey Forest, Dua Turis Ceko Ikut Prosesi Guru Piduka

Lantunan kidung bernuansa sedih dengan kata-kata permintaan maaf pada Ida Hyang Widhi menggema di Pura Beji Desa Pakraman Padangtegal, Kecamatan Ubud

Mengembalikan Kesucian Pura Beji Monkey Forest, Dua Turis Ceko Ikut Prosesi Guru Piduka
Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
SEMBAHYANG -Turis asal Ceko, Sabina Dolezalova  dan Zdenek Slova ikut Upacara Guru Piduka  di Pura Beji, Desa Pakraman Padangtegal, Ubud, Kamis (15/8/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Lantunan kidung bernuansa sedih dengan kata-kata permintaan maaf pada Ida Hyang Widhi menggema di Pura Beji Desa Pakraman Padangtegal, Kecamatan Ubud,  Kamis (15/8) pukul 12.00 Wita.

Pura itu berada di kawasan objek wisata Monkey Forest.

Setiap pelinggih di Pura Beji dipercikkan air suci dengan tujuan mengembalikan kesucian pura.

Ritual yang disebut Upacara Guru Piduka ini dilakukan setelah dua turis asal Republik  Ceko, Sabina Dolezalova (22) dan Zdenek Slova (25), melakukan tindakan terlarang terhadap air suci yang mengucur dari salah satu pelinggih.

Pantauan Tribun Bali, upacara Guru Piduka dipimpin Jro Mangku Pura Beji Desa Pakraman Padangtegal, I Wayan Tunas, disaksikan Ida Pedanda Padangtegal serta prajuru adat.

Kedua turis asal Ceko ikut prosesi itu  didampingi staf  Konsulat Republik Ceko, Ni Nyoman Sri Dharmayanti. Sabina dan Zdenek tampak khusyuk.

Bahkan mereka  ikut bersembahyang secara Hindu Bali sebagai bentuk penyelasan dan meminta pengampunan dari Ida Bhatara.

Zdenek mengatakan, setelah melihat upacara besar dan rumit yang dilakukan karena kesalahannya, dia menyadari kesalahan yang telah dibuatnya sangat besar. 

Dia meminta maaf kepada masyarakat Bali, Indonesia dan internasional. Dia berharap, turis yang datang ke Bali, menjadikan kesalahan ini sebagai pelajaran agar tidak terjadi lagi penodaan tempat suci di Pulau Dewata.

“Kami menyesal dan sangat bersalah. Kami tidak tahu bahwa air itu bagian dari pura. Kami bersembahyang meminta maaf, tidak ada paksaan. Murni dari keinginan kami sendiri,” ujar Zdenek.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved