Olahraga Menjalin Persatuan dan Kerukunan Bangsa

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran, namun olahraga juga dapat menjalin persatuan dan kerukunan bangsa

Olahraga Menjalin Persatuan dan Kerukunan Bangsa
Dok Nyoman Suharta
Para suporter di tribun selatan melakukan koreografi dengan Bendera Merah Putih, Jumat (9/8/2019). Olahraga Menjalin Persatuan dan Kerukunan Bangsa 

Olahraga Menjalin Persatuan dan Kerukunan Bangsa

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Olahraga merupakan suatu kegiatan yang hampir dilakukan oleh setiap orang, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran, namun olahraga juga dapat menjalin persatuan dan kerukunan bangsa ini.

Hal tersebut terlihat dalam ajang olahraga internasional seperti Asian Games 2018 lalu.

Pada tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Pesta olahraga Asia tersebut dipersiapkan dengan matang dan maksimal.

Pemerintah Indonesia, seluruh insan olahraga maupun masyarakat Indonesia saling bahu-membahu untuk dapat menyukseskan ajang olahraga tersebut.

Para atlet Indonesia juga berjuang dan bersatu mengharumkan Merah Putih di sana.

Hubungan olahraga dengan persatuan dan kerukunan bangsa ini dirasa Plt Kadispora Bali, I Made Rentin sangat erat.

Menurutnya olahraga juga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme.

“Menurut saya olahraga sangat berhubungan dengan persatuan dan kesatuan bangsa, apalagi dengan nilai kebangsaan, nilai cinta tanah air,” ucapnya di Hotel Mercure, Sanur, Denpasar, Jumat (16/8/2019). 

Ia juga berkata melalui olahraga, Bendera Merah Putih dapat berkibar di negara lain dan lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia Raya dapat berkumandang di luar Indonesia.

“Kami (Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali) berpikir hanya dua hal yang bisa mengibarkan Bendera Merah Putih dan berkumandangnya lagu Indonesia Raya di luar negeri, yang pertama adalah kedatangan dan kehadiran Presiden Indonesia. Kedua, ketika atlet-atlet kita mampu meraih medali emas, di saat itu lah akan dikibarkan Bendera Merah Putih dan dikumandangkan lagu Indonesia Raya, oleh karena itu olahraga sangat berhubungan erat dengan NKRI,” ujarnya.

(*)

Penulis: Putu Dewi Adi Damayanthi
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved