HUT Kemerdekaan RI

Sisir Tepian Sepanjang 700 Meter, Pemuda Bangli "Merdekakan" Danau Batur dari Sampah Plastik

Sejumlah pemuda di Kabupaten Bangli pada momentum Peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia melakukan penyisiran tepian Danau Batur

Sisir Tepian Sepanjang 700 Meter, Pemuda Bangli
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Pemuda Bangli saat melakukan penyisiran untuk "merdekakan" Danau Batur dari sampah plastik, Sabtu (17/8/2019). Sisir Tepian Sepanjang 700 Meter, Pemuda Bangli "Merdekakan" Danau Batur dari Sampah Plastik 

Sisir Tepian Sepanjang 700 Meter, Pemuda Bangli "Merdekakan" Danau Batur dari Sampah Plastik

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Sejumlah pemuda di Kabupaten Bangli pada momentum Peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia melakukan penyisiran tepian Danau Batur kurang lebih sepanjang 700 meter.

Penyisiran dilakukan sebagai gerakan "merdekakan" Danau Batur dari sampah plastik, Sabtu (17/8/2019).

Sejumlah pemuda itu di antaranya tergabung dalam DPK Peradah Indonesia Bangli, Bank Sampah Sibuh Nirmala Kedisan, ST Dharma Eka Paksi Kedisan dan Jegeg Bagus Bangli.

Meski rute yang dilalui tak terlalu panjang, sampah plastik yang berhasil dikumpulkan mencapai belasan kantong.

Sampah plastik tersebut terdiri dari beragam jenis, mulai dari sisa plastik pertanian, sisa pembungkus detergen, botol plastik hingga styrofoam.

Gerakan bersih-bersih sampah plastik yang dilakukan ini sejatinya telah berlangsung kurang lebih tiga tahun terakhir, berawal dari aksi bersih-bersih itu pula lahirlah Bank Sampah Sibuh Nirmala.

"Kami konsisten melaksanakan setiap minggu. Awalnya membersihkan sampah, tapi masalah sampah ternyata sangat kompleks. Setelah kami kumpulkan tidak ada tempat pembuangan, sehingga sampah hanya berpindah saja, tidak melahirkan solusi. Oleh karena itulah dua tahun lalu Bank Sampah Sibuh Nirmala akhirnya kami buat," ungkap Ketua Bank Sampah Sibuh Nirmala I Gede Putrayasa Tangkas.

Hal itu ia ungkapkan setelah kegiatan berlangsung yang didampingi Ketua DPK Peradah Indonesia Bangli I Ketut Eriadi Ariana, Ketua ST Dharma Eka Paksi Gede Doddy Arie Kresna, serta perwakilan Jegeg Bagus Bangli Gede Yoga Mudana Putra.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved