Kepatuhan Warga Desa Tohpati Klungkung Capai 98 Persen, Terkait Kepemilikan Dokumen Kependudukan

Tahun 2019 ini, giliran Desa Tohpati, Banjarangkan yang berhak menerima pernghargaan bertajuk Adhi Sewaka Cihna Warga

Kepatuhan Warga Desa Tohpati Klungkung Capai 98 Persen, Terkait Kepemilikan Dokumen Kependudukan
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Warga sedang mengurus dokumen kependudukan di Kantor Disdukcapil Klungkung belum kama ini. Pemkab Klungkung memberikan penghargaan kepada desa yang penduduknya paling patuh dengan dokumen kependudukan. Kepatuhan Warga Desa Tohpati Klungkung Capai 98 Persen, Terkait Kepemilikan Dokumen Kependudukan 

Kepatuhan Warga Desa Tohpati Klungkung Capai 98 Persen, Terkait Kepemilikan Dokumen Kependudukan

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klungkung memberikan penghargaan kepada desa/kelurahan yang persentase penduduknya paling taat kepemilikan dokumen kependudukan.

Tahun 2019 ini, giliran Desa Tohpati, Banjarangkan yang berhak menerima pernghargaan bertajuk Adhi Sewaka Cihna Warga tersebut.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten I Komang Dharma Suyasa mengatakan, penghargaan Adhi Sewaka Cihna merupakan penghargaan kepada desa/kelurahan yang tertib administrasi kependudukan.

Indikator dari penghargaan ini, berdasarkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan yang dimiliki penduduk di masing-masing desa/kelurahan.

Hal ini sebagai hasil dari pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil yang tersimpan dalam database kependudukan di pusat dan Disdukcapil.

"Jadi penilaiannya berdasarkan desa mana yang penduduknya paling taat dokumen kependudukan. Tahun ini, desa yang memperoleh penghargaan ini adalah Desa Tohpati di Kecamatan Banjarangkan," ujar Dharma Suyasa.

Sementara Kabid Kependudukan Disdukcapil Klungkung Pande Anggarnata mengungkapkan, Desa Tohpati berdasarkan data sampai Desember 2018, merupakan desa yang warganya paling patuh dengan kepemilikan dokumen kependudukan.

Persentase warga Desa Tohpati, terkait dengan kepemilikan dokumen kependudukannya mencapai 98 persen.

"Jadi indikatornya kepatuhan warganya untuk memiliki dokumen kependudukan seperti perekaman dan pencetakan KTP, akta lahir, KK, akta kematian, akta pernikahan dan lain-lain. Semua dikalkulasi selama setahun, dan tahun ini Desa Tohpati persentasenya paling tinggi," ungkap Pande Anggarnata, Minggu (18/8/2019).

Ia menuturkan, penghargaan Adhi Sewaka Cihna ini rutin diberikan Pemkab Klungkung setiap tahun kepada desa dengan tingkat kepatuhan tertinggi terhadap dokumen kependudukan.

Sementara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berharap penghargaan ini dapat memotivasi setiap desa untuk tertib dokumen kependudukan.

"Pada intinya melalui penghargaan ini, diharapkan mampu memotivasi perangkat desa/kelurahan dalam bekerja terkait tertib administrasi kependudukan," jelas Suwirta.

(*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved