Lahannya Seluas 3 Are Dieksekusi Pemkab Buleleng, Dresnaguna: Lawan Pemerintah Pasti Salah Saja

Pengadilan Negeri Singaraja mengeksekusi lahan seluas tiga are yang terletak di Jalan Teratai, Kelurahan Banyuasri, Buleleng, Senin (19/8).

Lahannya Seluas 3 Are Dieksekusi Pemkab Buleleng, Dresnaguna: Lawan Pemerintah Pasti Salah Saja
Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Proses eksekusi lahan seluas 3 Are yang terletak di Jalan Teratai, Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Senin (19/8/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Pengadilan Negeri Singaraja mengeksekusi lahan seluas tiga are yang terletak di Jalan Teratai, Kelurahan Banyuasri, Buleleng, Senin (19/8).

Eksekusi dilakukan setelah Pemerintah Kabupaten Buleleng berhasil memenangkan gugatan di tingkat Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung.

Sebelumnya tanah ini menjadi sengketa antara Pemkab Buleleng dengan warga Jalan Teratai bernama Putu Dresnaguna (69).

Dresnaguna pun hanya bisa pasrah dan berusaha ikhlas dengan eksekusi tersebut. Kendati ia menilai putusan majelis hakim itu sarat akan kepentingan.

"Di sebelah barat lahan 3 are itu ada tanah milik pemerintah yang baru dibeli. Namun mereka tidak punya akses untuk menuju ke sana karena dipisahkan oleh sungai. Sehingga tanah saya inilah yang sangat dibutuhkan. Ya sudahlah."

"Toh juga kalau saya tetap pertahankan, melawan pemerintah pasti salah saja. Kalau pakai pengacara pis telah sing karuan apa (uang habis tak karuan)," ujarnya saat ditemui di Kantor Lurah Banyuasri, kemarin.

Dresnaguna mengatakan tanah tersebut sudah turun temurun dikuasai oleh keluarganya dan dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan.

Bukan tanpa alasan, kata dia, leluhurnya telah menulis terkait lahan tersebut pada sebuah lontar yang dibuat sejak tahun 1951.

Atas dasar lontar itulah, pihak keluarga akhirnya mensertifikatkan tanah tersebut dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) nomor 312 Tahun 2001.

Gugatan dari keluarga Deresnaguna sempat dimenangkan oleh PN Singaraja, Pengadilan Tinggi (PT) hingga Kasasi.

Halaman
123
Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved